Malaikat Pelindungku



St. Mikhael adalah Panglima Perang Balatentara Surgawi. Namanya berarti "Siapa dapat menyamai Tuhan?" yaitu pertempuran dahsyat bala tentara surgawi melawan pemberontakan Lucifer, si raja iblis.

St. Mikhael beberapa kali ditampilkan dalam Kitab Suci, baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Dalam Kitab Daniel bab 10 dikisahkan bagaimana Mikhael menenangkan hati Daniel setelah Daniel memperoleh suatu penglihatan. Mikhael berjanji untuk menjadi penolongnya dalam segala hal. Dalam Kitab Daniel bab 12, Mikhael disebut sebagai “pemimpin besar  yang akan mendampingi anak-anak bangsa pilihan Tuhan.” Dalam Kitab Yudas ayat 9 diceriterakan bagaimana Mikhael bertengkar dengan iblis mengenai mayat Musa. Dalam Kitab Wahyu bab 12, Yohanes menggambarkan pertempuran besar di surga di mana Mikhael berhasil menghalau para malaikat yang memberontak dari surga. Oleh karena kemenangannya itu, Gereja Katolik mengangkatnya sebagai Pelindung Gereja. Malaikat Agung St. Mikhael biasa dilukiskan berpakaian baju baja, membawa tombak dan kakinya menginjak leher seekor naga.  

Gereja memohon pertolongannya bagi orang-orang yang menghadapi ajal, perlindungan dalam peperangan, pengakuan dosa, dan menghantar jiwa-jiwa dari api penyucian menuju surga. St. Mikhael kelak akan menjadi pelindung orang-orang Kristen pada masa anti-Kristus.

Mari kita mohon pertolongan Malaikat Agung Santo Mikhael:


"Malaikat Agung St. Mikhael, belalah kami dalam peperangan. Jadilah pelindung kami dalam melawan segala kejahatan dan jebakan setan. Kami mohon dengan rendah hati agar Allah menaklukkannya, dan engkau, O panglima balatentara surgawi, dengan kuasa Ilahi, usirlah ke neraka setan dan semua roh jahat yang berkeliaran di seluruh dunia yang hendak menghancurkan jiwa-jiwa. Amin."


Saya ingat, semasa saya masih kanak-kanak, Doa kepada St Mikhael didaraskan setelah perayaan Misa. Lalu, sekitar tahun 1960-an kita berhenti mendoakannya. Sekarang, saya perhatikan di beberapa paroki mulai lagi didaraskan Doa kepada Malaikat Agung St Mikhael. Mohon tanggapan.
~ seorang pembaca di Sterling

Pertama-tama, marilah kita merenungkan St Mikhael dan perannya dalam sejarah keselamatan. Malaikat Agung St Mikhael, yang namanya berarti, “siapa yang seperti Allah,” memimpin balatentara para malaikat yang mencampakkan setan beserta para malaikat yang memberontak ke dalam neraka (lihat “Pertempuran Besar di Surga”); pada akhir zaman, ia akan menghunus pedang keadilan guna memisahkan yang baik dari yang jahat (bdk Why 12:7 dst). 

Para Bapa Gereja awali mengenali peran penting para malaikat dan malaikat agung, teristimewa St Mikhael. Theodoret dari Cyr (393-466) dalam tulisannya Tafsiran Daniel mencatat, “Diajarkan kepada kita bahwa tiap-tiap kita dipercayakan ke dalam pemeliharaan seorang malaikat pribadi yang menjaga dan melindungi kita, serta membebaskan kita dari perangkap roh-roh jahat. Para malaikat agung diserahi kepercayaan untuk melindungi bangsa-bangsa, seperti yang diajarkan Musa, dan yang selaras dengan kata-kata Daniel, sebab ia sendiri berbicara tentang `pemimpin orang Persia,' dan sesudahnya `pemimpin orang Yunani,' sementara ia menyebut Mikhael `pemimpin orang Israel.'” Para Bapa Gereja juga beranggapan bahwa St Mikhael berdiri menjaga di pintu gerbang Firdaus setelah Adam dan Hawa diusir; St Mikhael adalah malaikat yang dengan perantaraannya Tuhan memaklumkan Sepuluh Perintah Allah, yang menghalangi jalan Bileam (Bil 22:20 dst), dan yang menumpas bala tentara Sanherib (2 Taw 32:21).

St Basilus dan para Bapa Yunani lainnya menempatkan St Mikhael sebagai Pemimpin segenap malaikat. Dengan munculnya teori dan gagasan mengenai “sembilan paduan suara malaikat,” sebagian mengatakan bahwa St Mikhael adalah pemimpin para Serafim, paduan suara pertama. (Tetapi, St Thomas Aquinas menempatkan St Mikhael sebagai pemimpin paduan suara terakhir para malaikat).

Sejak lama orang berseru kepada Malaikat Agung St Mikhael memohon perlindungannya dalam berbagai peristiwa. Pada tahun 590, suatu wabah hebat menyerang Roma. Paus St Gregorius Agung memimpin suatu arak-arakan melintasi jalan-jalan sebagai tindak penitensi, silih atas dosa dan memohon pengampunan. Di makam Hadrian (sekarang Kastil Sant'Angelo dekat Basilika St Petrus), St Mikhael menampakkan diri dan menyarungkan pedangnya sebagai tanda berakhirnya wabah. Sesudahnya, Bapa Suci membangun sebuah kapel di puncak makam tersebut dan sebuah patung besar St Mikhael yang berdiri di sana hingga sekarang.

Dalam tradisi Gereja Katolik, St Mikhael dikenal memiliki empat tugas penting: (1) terus melanjutkan pertempurannya melawan setan dan para malaikat yang memberontak lainnya; (2) menyelamatkan jiwa-jiwa kaum beriman dari kuasa setan, teristimewa pada saat ajal; (3) melindungi Umat Allah, baik bangsaYahudi dari Perjanjian Lama maupun Umat Kristiani dari Perjanjian Baru; (4) dan akhirnya, menghantar jiwa-jiwa orang yang meninggalkan dunia ini dan membawa mereka ke hadapan Tuhan kita untuk pengadilan khusus, dan pada akhir jaman, untuk pengadilan terakhir. Karena alasan-alasan di atas, gambar-gambar Kristiani melukiskan St Mikhael sebagai seorang laskar ksatria, mengenakan perlengkapan perang, menghunus pedang atau tombak, sementara berdiri penuh kemenangan di atas ular atau lambang setan lainnya. Terkadang, St Mikhael digambarkan memegang timbangan keadilan atau Kitab Kehidupan, keduanya melambangkan pengadilan terakhir.

Sebagai umat Katolik, melalui ritus-ritus liturgis, kita mengenangkan peran penting St Mikhael dalam melindungi kita terhadap setan dan kuasa-kuasa kejahatan. Suatu madah persembahan kuno dalam Misa Arwah meneguhkan peran St Mikhael ini, “Tuhan Yesus Kristus, Raja Kemuliaan, bebaskanlah jiwa-jiwa segenap umat beriman yang telah meninggal dunia dari siksa neraka dan jurang yang dalam; bebaskanlah mereka dari mulut singa agar neraka jangan sampai menelan mereka dan agar jangan sampai mereka jatuh ke dalam kegelapan, melainkan kiranya St Mikhael, sang pembawa panji-panji, membimbing mereka ke dalam terang mulia, seperti yang dulu Engkau janjikan kepada Abraham dan keturunannya. Kami persembahkan kepada-Mu, ya Tuhan, kurban-kurban dan doa; sudilah Engkau menerimanya demi jiwa-jiwa yang kami kenangkan pada hari ini. Perkenankanlah mereka, ya Tuhan, melewati kematian menuju kehidupan seperti yang dulu Engkau janjikan kepada Abraham dan keturunannya.”

Dalam Misa Tridentine, sejak tahun 1200-an, umat beriman berseru kepada St Mikhael dalam Seruan Tobat, bersama dengan seruan kepada Santa Perawan Maria, St Yohanes Pembaptis, serta St Petrus dan Paulus; seruan kepada para kudus ini mengilhami umat beriman untuk ingat akan panggilan kepada kekudusan dan ketakbercelaan Gereja Jaya di surga.

Hampir sepanjang abad ke-20, umat beriman mendaraskan Doa kepada St Mikhael pada akhir Misa. Pada akhir 1800-an, Paus Leo XIII (wafat 1903) mendapat penglihatan yang menubuatkan datangnya abad penderitaan dan perang. Usai mempersembahkan Misa Kudus, Bapa Suci sedang bercakap-cakap dengan para kardinal, ketika tiba-tiba beliau jatuh tak sadarkan diri. Segera para kardinal memanggil dokter. Denyut nadi Bapa Suci tak dapat dideteksi; orang takut kalau-kalau Bapa Suci telah berpulang. Sekonyong-konyong, Paus Leo bangun dan mengatakan, “Betapa aku diperkenankan melihat suatu penglihatan yang amat mengerikan!” Dalam penglihatan tersebut, Tuhan mengijinkan setan memilih suatu abad di mana ia boleh melancarkan serangan-serangannya yang paling dahsyat melawan Gereja. Iblis memilih abad ke-20. Bapa Suci begitu tergerak hatinya oleh penglihatan ini hingga beliau menyusun suatu doa kepada Malaikat Agung St Mikhael, “Malaikat Agung St. Mikhael, belalah kami dalam peperangan. Jadilah pelindung kami dalam melawan segala kejahatan dan jebakan setan. Kami mohon dengan rendah hati agar Allah menaklukkannya, dan engkau, O panglima balatentara surgawi, dengan kuasa Ilahi, usirlah ke neraka setan dan semua roh jahat yang berkeliaran di seluruh dunia yang hendak menghancurkan jiwa-jiwa. Amin.” Pada tahun 1886, Paus Leo menginstruksikan agar doa ini didaraskan pada akhir Misa. (Ketika Paus Paulus VI menerbitkan “Novus Ordo” Misa pada tahun 1968, Doa kepada St Mikhael dan pembacaan “injil terakhir” pada akhir Misa dihapuskan.)

Peran St Mikhael amat menonjol dalam Ritus Eksorsisme (= Pengusiran Setan), khususnya dalam masalah infestatio diabolica (= pendudukan setan) atas tempat. Di sini imam berdoa, “Pemimpin Balatentara Surgawi yang mulia, Malaikat Agung St Mikhael yang kudus, belalah kami dalam pertempuran melawan pemimpin dan kuasa-kuasa dan penguasa-penguasa kegelapan di dunia ini, melawan roh-roh jahat yang dulunya adalah para malaikat. Sudi datanglah menolong manusia yang diciptakan Tuhan menurut gambar-Nya Sendiri dan yang ditebus-Nya dari tirani setan dengan harga yang sangat mahal. Gereja menghormati engkau sebagai penjaga dan pelindungnya. Tuhan mempercayakan ke dalam pemeliharaanmu segenap jiwa-jiwa yang telah ditebus, agar engkau menghantar mereka ke dalam kebahagiaan di surga. Mohonkanlah kepada Raja Damai agar Ia meremukkan setan di bawah kaki kami; sehingga setan tak lagi dapat menawan manusia dan dengan demikian melukai Gereja. Persembahkanlah doa-doa kami kepada Allah yang Mahatinggi, agar belas kasihan-Nya segera dicurahkan atas kami. Tawanlah Binatang itu, si Ular Tua, yang adalah musuh dan Roh Jahat, dan rendahkanlah ia hingga ke ketiadaan abadi, agar ia tak lagi membujuk bangsa-bangsa.” 

Pada musim semi tahun 1994, Bapa Suci Yohanes Paulus II mendorong umat beriman untuk mendaraskan Doa kepada Malaikat Agung St Mikhael. Beliau juga mendesak demi dipraktekkannya kembali pendarasan doa tersebut dalam Misa Kudus. (Harap diperhatikan bahwa Bapa Suci tidak mengamanatkan pendarasan doa tersebut dalam Misa.) Jelas, Bapa Suci bermaksud menanggapi kejahatan-kejahatan hebat yang kita lihat terjadi di dunia kita ini - dosa-dosa aborsi, eutanasia, pornografi, percabulan, penyiksaan anak, terorisme, pembantaian bangsa-bangsa tertentu dan lain sebagainya. Tak diragukan lagi, setan dan para malaikat lainnya yang memberontak sedang melakukan yang terbaik guna menjerumuskan jiwa-jiwa ke dalam neraka. Kita membutuhkan pertolongan St Mikhael. Oleh sebab itulah, kini banyak paroki mendirikan tempat doa demi menghormati St Mikhael ataupun mendaraskan Doa kepada Malaikat Agung St Mikhael di akhir Misa.

* Fr. Saunders is pastor of Our Lady of Hope Parish in Potomac Falls and a professor of catechetics and theology at Christendom's Notre Dame Graduate School in Alexandria.

sumber : “Straight Answers: Prayer to St. Michael” by Fr. William P. Saunders; Arlington Catholic Herald, Inc; Copyright ©2005 Arlington Catholic Herald. All rights reserved; www.catholicherald.com

Diperkenankan mengutip / menyebarluaskan artikel di atas dengan mencantumkan: “diterjemahkan oleh YESAYA: www.indocell.net/yesaya atas ijin The Arlington Catholic Herald.”