Senin, 04 Oktober 2010

Sabtu, 2 Oktober 2010-(Pw Para Malaikat Pelindung)-Mat 18:1-5.10

Sabtu, 2 Oktober 2010
Pw Para Malaikat Pelindung St. Leger
Bacaan I: Kel 23:20-23a
Mazmur : 91:1-2.3-4.5-6.10-11; R:11
Bacaan Injil : Mat 18:1-5.10


"Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: ”Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?” Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku.Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.”(Mat 18:1-5.10)

Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus,

Pada hari ini kita merayakan pesta para utusan Tuhan yang melindungi kita umat manusia. Kita dapat menemukan kisah tentang mereka sepanjang Kitab Suci. Para malaikat menyampaikan pesan-pesan dari Tuhan, melindungi manusia dari mara bahaya serta menyelamatkannya. Dalam Perjanjian Baru, dalam Kitab Kisah Para Rasul bab 12 dikisahkan bagaimana St. Petrus dibimbing oleh seorang malaikat untuk meloloskan diri dari penjara. Telah berabad-abad lamanya umat Kristiani percaya bahwa kita masing-masing mempunyai seorang malaikat pelindung.
Gambar malaikat pelindung yang paling sering kita jumpai adalah gambar seorang malaikat yang sedang melindungi seorang anak kecil yang sedang berjalan menyeberangi sebuah jembatan kecil. Pada tahun 1608, Paus Paulus V menambahkan pesta para malaikat pelindung ke dalam penanggalan para kudus dan pesta gerejani. Mengetahui serta mengimani bahwa kita masing-masing mempunyai seorang malaikat pelindung yang melindungi kita, sungguh sangat membesarkan hati. Malaikat pelindung kita adalah hadiah dari Tuhan kita yang penuh belas kasih.

Saudara-saudari terkasih,

Setiap orang selalu terpesona dengan anak kecil, apalagi bayi kecil. Bayi kecil menggambarkan kemurnian, keutuhan, kepasrahan, dan keindahan. Memandangi bayi kadang membuat kita iri, tepatnya rindu menjadi seperti bayi lagi.

Malaikai-malaikat juga adalah seperti bayi yang memandang wajah orangtuanya, memandang wajah Bapa di surga. Apakah kita percaya akan malaikat? Apakah kita ingin menjadi malaikat bagi orang lain? Malaikat adalah dia yang membawa kabar gembira dari Allah. Menjadi malaikat berarti menjadi utusan Allah. Tengoklah orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan bantuan. Maukah kita mengulurkan tangan dan menjadi saluran kasih Allah bagi mereka? Maukah kita membawa dan menjadi kabar gembira bagi mereka, khususnya mereka yang menderita?

marilah berdoa:Ya Tuhan, terima kasih atas para malaikat yang sudah Kauutus membawa kabar gembira. Utuslah aku juga menjadi malaikat bagi sesamaku.Doa ini kami persembahkan Demi Yesus Kristus,Putera-Mu dan pengantara kami,yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam Roh Kudus,sepanjang segala masa.Amin

"Marilah pergi. Kita diutus."


"Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai."Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang.terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu;sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu."(91:1-2.3-4.5-6.10-11)

sumber:ziarah batin 2010 dan Oase rohani


Sekaligus saya ingin mengajak anda untuk berdoa kesucian para imam dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

salam hangat,

A.M.Adi Normawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar