Sabtu, 27 November 2010

Minggu, 28 November 2010-Pekan ADVEN I (Thn A/I)~Mat 24:37-44

Minggu, 28 November 2010 Pekan ADVEN I (Thn A/I)
Sta. Katarina Laboure, Prw; St. Yakobus dr Marka; B. Maria Helena Stollenwerk
Bacaan I: Yes 2:1-5
Mazmur : 122:1-2.4-5.6-7.8-9; R:1
Bacaan II : Rm 13:11-14a
Bacaan Injil : Mat 24:37-44



”Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia.Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.
Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.”



Renungan

Adven berasal dari bahasa latin adventus yang berarti kedatangan. Pada Masa Adven kita diajak untuk mempersiapkan diri menyongsong kedatangan Tuhan. Nuansa pada Masa Adven adalah nuansa pengharapan. Lilin pertama pada lingkaran Adven yang kita nyalakan pada hari ini merupakan tanda pengharapan akan kedatangan Tuhan.
Pada Masa Adven, kita tidak hanya bersiap menyongsong kedatangan Tuhan pada perayaan Natal. Kita diajak oleh Gereja untuk lebih menyadari bahwa hidup kita adalah suatu kesiapsediaan menyongsong kedatangan Tuhan. Kita tidak boleh terlalu disibukkan oleh urusan sehari-hari sehingga kita lupa kepada Tuhan yang akan datang. Kita harus siap sedia dan berjaga untuk menyongsong kedatangan-Nya.

Oleh karena itu, Gereja memberikan beberapa panduan atau yang kita kenal sebagai tema Adven. Kita diajak oleh Gereja untuk merenungkan sebagian hidup kita apakah sudah sejalan dengan iman kita. Tema Adven membantu kita mensyukuri apa yang telah kita capai dalam kehidupan iman kita dan sekaligus juga memperbaiki apa yang ternyata kita abaikan atau belum kita penuhi. Kita mengolah hidup kita supaya siap menyongsong Tuhan yang datang. Adven menjadi kesempatan bagi kita untuk memperbaiki hidup kita.

Doa: Ya Yesus, aku bersyukur kepada-Mu karena Masa Adven ini. Bantulah aku untuk memanfaatkan waktu yang baik ini untuk lebih peka terhadap kehadiran-Mu dalam hidupku. Amin.

sumber:Ziarah Batin 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar