Jumat, 27 Mei 2011

Minggu, 29 Mei 2011,Pekan PASKAH VI(Ziarah Batin 2011)-Bacaan Injil : Yoh. 14:15–21

Minggu, 29 Mei 2011
Pekan PASKAH VI (P)
Sta. Teodosia dr Konstantinopel; B. Yoseph Gerard;
St. Maxi (minus); Sta. Maria Anna dr Paredes

Bacaan I: Kis. 8:5–8,14–17
Mazmur : 6:1–3a,4–5,6–7a,16,20; R: 1
Bacaan II : 1Ptr. 3:15–18
Bacaan Injil : Yoh. 14:15–21


”Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup. Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.
Barangsiapa memegang perintah-Ku dan me­­lakukan­nya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barang siapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan me­ngasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku ke­padanya.”



Renungan

Di zaman yang sudah dipengaruhi mental hedonis, setiap orang cenderung mencari kesenangan dan kenikmatan dengan menghindari kesusahan dan penderitaan. Bahkan demi kesenangan pribadi, segala cara dihalalkan termasuk bila harus mengorbankan orang lain. Untuk itu, Petrus mengingatkan kita bahwa lebih baik menderita demi kebaikan daripada menderita karena berbuat jahat, sama seperti Yesus yang menderita untuk segala dosa kita. Mampukah kita melakukan seperti itu?

Hanya orang-orang yang mengasihi Tuhan yang akan mampu melakukannya. Kasih kepada Tuhan akan mendatangkan Roh Penolong bagi kita untuk selalu berpihak pada kebenaran dan kebaikan, kendati kita harus berkorban juga menderita. Kasih kepada Tuhan yang tulus akan menjadikan hidup kita sebagai perwujudan kehendak Tuhan. Dengan cara ini, kita akan menjadi orang-orang yang dikasihi Allah.

Doa: Ya Tuhan, kuatkanlah cintaku kepada-Mu agar aku senantiasa dinaungi Roh kebenaran dari-Mu dan hidupku hanya bersandar pada perintah-Mu. Amin.

sumber:Ziarah Batin 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar