Sabtu, 31 Juli 2010

Rabu, 28 Juli 2010

Rabu, 28 Juli 2010

St. Nasarius dan Selsus;
St. Viktor dan Innosensius

Bacaan I : Yer 15:10.16-21
Mazmur : 59:2-3.4-5a.10-11.17.18; R:17d
Bacaan Injil : Mat 13:44-46



"mutiara yang indah"

(Mat 13:44-46)

”Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipen­damkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.” (Mat 13:44-46)

Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus,

Mutiara adalah sejenis batu permata dengan bentuk yang bervariasi, hasil biomineralisasi (proses pembentukan komposit padatan organik-anorganik) kerang dan siput anggota moluska. Mutiara alami terbentuk karena adanya sesuatu yang asing masuk ke dalam kerang dan menjadi iritasi. Proses mempertahankan diri akibat gangguan iritasi ini akhirnya menghasilkan nacre (kulit mutiara) yang sebagian besar terbentuk dari kalsium karbonat.Walaupun kerang dan siput bisa menghasilkan mutiara, tetapi belum tentu bisa menjadi mutiara dengan kualitas yang dapat diproduksi sebagai perhiasan.(sumber :rumahoutlet.blogspot.com/2009)

Dalam warta gembira hari ini,Yesus mengumpakan Kerajaan Allah dengan harta yang terpendam dan mutiara yang amat indah. Yang mau ditekankan adalah betapa berharga dan bernilainya Kerajaan Allah itu. Orang rela melepaskan segalanya karena telah memperolehnya.
Kerajaan Allah tidak lain adalah Allah yang meraja. Kerajaan Allah sudah datang dengan kedatangan Yesus. Maka, Yesus sendiri adalah harta dan mutiara yang tak ternilai itu. Dalam Yesus, orang yang mencari dan menemukan-Nya akan menerima kehidupan kekal. Itulah janji Tuhan, janji yang sudah dinubuatkan oleh Yeremia (15:20b): ”Sebab Aku menyertai engkau untuk menyelamatkan dan melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN”.

Belajar dari Santo Paulus yang mengungkapkan:”Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus”(Flp 3:8).
Maka marilah kita lepaskan segala sesuatu karena telah mendapatkan Kerajaan Allah.

Saudara-saudari terkasih,

Seorang teman pernah menceritakan kepada saya,bagaimana dia di minta untuk mengganti agamanya yang ada di KTP menjadi non-katolik,dengan begitu,pangkat,uang,fasilitas mewah bisa segera ia dapatkan.Menggiurkan memang.Saya juga tahu bahwa teman saya ini sedang kesusahan uang.

Tapi satu ucapan dia yang masih saya ingat sampai sekarang :"saya tidak akan menjual iman saya demi harta benda apapun di dunia ini!Biarlah saya hidup miskin,asal Yesus tetap di hati saya!" Teman saya ini sudah menemukan mutiara yang indah.

Sudahkah kita menemukan harta dan mutiara dalam hidup kita? Apakah kita rela melepaskan segala sesuatu karena telah mendapatkan Kerajaan Allah?

marilah berdoa:Tuhan Yesus, terima kasih karena menyadarkanku bahwa Engkaulah harta dan mutiara sejati.Semoga Tuhan memberkati kita,melindungi kita terhadap dosa dan menghantar kita kehidup yang kekal.Amin.

Tuhan memberkati

"Lepaskanlah aku dari pada orang-orang yang melakukan kejahatan dan selamatkanlah aku dari pada penumpah-penumpah darah.Sebab sesungguhnya, mereka menghadang nyawaku; orang-orang perkasa menyerbu aku, padahal aku tidak melakukan pelanggaran, aku tidak berdosa, ya TUHAN,aku tidak bersalah, merekalah yang lari dan bersiap-siap. Marilah mendapatkan aku, dan lihatlah!Engkau, TUHAN, Allah semesta alam, adalah Allah Israel. Bangunlah untuk menghukum segala bangsa; janganlah mengasihani mereka yang melakukan kejahatan dengan berkhianat!Allahku dengan kasih setia-Nya akan menyongsong aku; Allah akan membuat aku memandang rendah seteru-seteruku.Janganlah membunuh mereka, supaya bangsaku tidak lupa, halaulah mereka kian ke mari dengan kuasa-Mu, dan jatuhkanlah mereka, ya Tuhan, perisai kami!Ya kekuatanku, bagi-Mu aku mau bermazmur; sebab Allah adalah kota bentengku, Allahku dengan kasih setia-Nya." (Mzm 59:2-3,4-5a,10-11,17-18)

sumber:ziarah batin 2010

Sekaligus saya ingin mengajak anda untuk berdoa kesucian para imam dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

salam hangat,

A.M.Adi Normawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar