Kamis, 14 Oktober 2010

Jumat, 15 Oktober 2010 (Pw.Santa Teresia dari Avilla, Perawan)-kamu lebih berharga daripada banyak burung pipit(Luk 11:47-54)

Jumat, 15 Oktober 2010   
Pw.Santa Teresia dari Avilla, Perawan
Bacaan I: Ef 1:1-10
Mazmur : 98:1.2-3ab.3cd-4.5-6; R:2a
Bacaan Injil : Luk 11:47-54






"kamu lebih berharga daripada banyak burung pipit"
(Luk 11:47-54)

"Sementara itu beribu-ribu orang banyak telah berkerumun, sehingga mereka berdesak-desakan. Lalu Yesus mulai mengajar, pertama-tama kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: ”Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Farisi. Tidak ada sesuatu pun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui. Karena itu apa yang kamu katakan dalam gelap akan kedengaran dalam terang, dan apa yang kamu bisikkan ke telinga di dalam kamar akan diberitakan dari atas atap rumah.Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia! Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekor pun dari padanya yang dilupakan Allah, bahkan rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga daripada banyak burung pipit.”(Luk 11:47-54)


Saudara-saudari yang terkasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus,

Hari ini gereja merayakan peringatan wajib Santa Teresia dari Avilla, Perawan.Terlahir dengan nama 'Teresa Sanchez Cepeda Davila y Ahumada' di Avilla, Spanyol Tengah pada tanggal 28 Maret 1515.Semakin besar, Teresa semakin cantik dan menarik. Penampilannya sangat menyerupai ibunya. Hanya saja, ia sadar akan keelokan wajahnya dan akan jiwanya yang pesolek dan senang dikagumi. Ayahnya cemas sekali akan perkembangannya, sehingga cepat-cepat menyekolahkan dia di sebuah sekolah puteri yang dikelola oleh Suster-suster Santo Agustinus.Tetapi ia sakit-sakitan dan akhirnya terpaksa kembali ke rumah setelah satu setengah tahun belajar di sekolah itu.

Pada tahun 1538 tatkala berusia 21 tahun, ia masuk biara Karmelit, Inkarnasi di Avilla dengan nama 'Teresa dari Yesus'.Wanita yang penuh wibawa, polos, cantik dan menyenangkan itu jatuh sakit dan meninggal dunia di pangkuan Bd. Anne di biara Alba de Tormes pada tanggal 24 Oktober 1582 sementara dalam suatu perjalanan dari Burgos ke Avilla. Beliau dinyatakan 'kudus' pada tahun 1622 oleh Paus Gregorius XIV (1621-1623) dan diangkat sebagai pelindung Spanyol.

Saudara-saudari yang terkasih,

Di kisahkan ada sepasang muda-mudi yang sedang menjalin kisah asmara.Sebut saja nama mereka adalah Surti dan Tejo.Suka duka mereka jalani bersama.Tak pernah sekalipun mereka bertengkar.Hubungan merekapun akhirnya bisa awet hingga 8 tahun.

Suatu saat,ketika Tejo hendak melamar Surti,ia di kejutkan dengan berita penolakan bahwa Surti akan di jodohkan dengan seorang pria pengusaha.Hati Tejo hancur lebur berkeping-keping.Sambil berjalan dengan gontai,Tejo memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri meloncat dari jembatan.

Ketika bersiap akan melompat,Tejo di kejutkan oleh suara dari bawah:"Aduh Bang,cakep-cakep kok pengen bunuh diri.Nyawa cuma satu,ga di jual di toko manapun.Laen kali pake rok aja bang!" yang ternyata adalah seorang waria yang sedang memperhatikan tingkah laku Tejo yang ganjil.

Spontan Tejo marah dan bersiap untuk menghajar itu bencong.Namun seolah-olah ada suara yang membisik di batinnya:"Betul juga si bencong.Bencong-bencong begitu,mungkin itu suara Tuhan unutk diriku"

Saudara-saudari terkasih,

Ternyata Tuhan menaruh perhatian yang luar biasa kepada kita.Rambutpun terhitung semuanya.Bayangkan saja,siapa yang mampu menghitung rambut kepalanya?Rajin amat.Dan yang perlu kita ingat bahwa kita lebih berharga daripada burung pipit.Karena kita berharga di hadapan Tuhan,maka kita perlu memelihara dan menjaga nyawa kita yang sudah di berikan kepada kita.

Marilah berdoa:Tuhan,kadang aku tidak menyadari kebaikan-Mu yang telah menenun hidupku.Tolonglah aku agar aku mampu menjaga martabat hidupku sebagaimana yang Engkau kehendaki.Doa ini kami persembahkan Demi Yesus Kristus,Putera-Mu dan pengantara kami,yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam Roh Kudus,sepanjang segala masa.Amin


"Marilah pergi. Kita diutus."

"Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya."(Ef 1:14)

sumber:ziarah batin 2010 dan Oase rohani


Sekaligus saya ingin mengajak anda untuk berdoa kesucian para imam dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

salam hangat,

A.M.Adi Normawan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar