Kamis, 14 Oktober 2010

Sabtu, 16 Oktober 2010-Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan(Luk 12:8-12)

Sabtu, 16 Oktober 2010
St. Gerardus dr Mayella; Sta. Hedwiq; Sta. Margaretha Maria Alacoque; St. Gallus
Bacaan I: Ef 1:15-23
Mazmur : 8:2-3a. 4-5. 6-7; R:7
Bacaan Injil : Luk 12:8-12


"Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan"
(Luk 12:8-12)

”Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan meng­akui dia di depan malaikat-malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah. Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barang­siapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni. Apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan"(Luk 12:8-12)
Saudara-saudari terkasih,

Piter begitu khawatir setelah membaca pengumuman,siapa dosen penguji skripsinya.Seminggu ini Pieter sungguh resah dan gelisah."Aduh men..,mengapa kamu dapat penguji-tiga orang angker itu?Wah..,mimpi apa semalam men?" komentar Rino turut khawatir.

Nama dosen Paul sering di juluki para mahasiswa sebagai dosen angker terkenal tukang obrak-abrik skripsi mahasiswa yang membuat mahasiswa peserta ujian mengeluarkan keringat dingin,pucat pasi,dan mati kutu tidak berkutik.

Piter memutuskan untuk berdoa saja mungkin Tuhan mau membantu.Piter yang sehari-hari malas berdoa,kini mulai rajin pegang alkitab dan berdoa rosario sebelum tidur malam."Tuhan,tolong terangilah hati dan pikiranku agar bekerjasama dalam menghadapi para penguji sehingga hambaMu ini dapat menjawab semua pertanyaan dengan tenang."

Tibalah saatnya untuk ujian,dengan tenang Piter mengambil tempat yang sering dijuluki "kursi panas atau tempat pembantaian".Alhasil,hati yang tenang membuat Piter bisa berpikir jernih,bisa menjawab semua pertanyaan dengan mantab.Justru Piter disalami dosen angker itu.Saat itu juga Piter berlutut,bersujud,dan bersyukur.Teman-teman Piter serempak berlutut bersama Piter yang meneteskan air mata syukur.

Rino semangat bertanya,"Ter,jampi apa yang kamu pegang,hingga harimau itu menarik taringnya?" Piter menjawab singkat,"Berdoa men..berdoa" Rino heran dan menimpali "oh...jadi kamu sudah berubah,Ter?Proficiat..,Ter." Rinopun memberi salam.


Saudara-saudari terkasih,

Perikop injil Lukas diatas bukan semata perikop pasif belaka,tetapi sudah dialami oleh Piter yang sehari-hari malas berdoa.Kita seringkali sibuk dengan ingar-bingarnya kehidupan yang lama-kelamaan membentuk pribadi kita menjadi pribadi yang tumpul mata hatinya.

Semuanya membuat kita jarang mendengarkan suara Tuhan yang bergema.Namun,kesaksian Piter menjadi cambuk bagi teman-temannya.Mudah-mudahan juga menjadi cambuk bagi kita yang hidup mirip Piter dan teman-temannya.

marilah berdoa:Tuhan,gugahlah hatiku agar peka mendengar sapaan-Mu di keingar-bingaran hidupku.Doa ini kami persembahkan Demi Yesus Kristus,Putera-Mu dan pengantara kami,yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam Roh Kudus,sepanjang segala masa.Amin


"Marilah pergi. Kita diutus."

"Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan:apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya:kambing domba dan lembu sapi sekalian, juga binatang-binatang di padang"(Mzm 8:2-3a,4-5,6-7)

sumber:ziarah batin 2010 dan Oase rohani


Sekaligus saya ingin mengajak anda untuk berdoa kesucian para imam dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

salam hangat,

A.M.Adi Normawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar