Kamis, 18 November 2010

Jumat, 19 November 2010 (ZIARAH BATIN 2010)-Luk 19:45-48

Jumat, 19 November 2010
Sta. Mechtilidis, Prw; Sta. Agnes dr Assisi, Prw.
Bacaan I: Why 10:8-11
Mazmur : 119:14.24.72.103.111.131; R:103a
Bacaan Injil : Luk 19:45-48


"Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mulai­lah Ia mengusir semua pedagang di situ, kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis: Rumah-Ku adalah rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun.”Tiap-tiap hari Ia mengajar di dalam Bait Allah. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta orang-orang terkemuka dari bangsa Israel berusaha untuk membinasakan Dia, tetapi mereka tidak tahu, bagaimana harus melakukannya, sebab seluruh rakyat terpikat kepada-Nya dan ingin mendengarkan Dia."

Renungan

Tindakan Yesus ”memurnikan rumah ibadat sebagai rumah Tuhan yang sepantasnya” mengajak kita untuk memurnikan juga rumah Tuhan kita pada masa kini. Rumah Tuhan tentu saja harus diartikan secara lebih luas. Rumah Tuhan bukan hanya bangunan rumah ibadat atau gereja kita, tetapi menyangkut juga kita sebagai Bait Kudus Allah dan Gereja sebagai persekutuan orang beriman kepada Yesus. Dalam banyak pengertian rumah Tuhan itulah, kita harus memurnikannya.

Santo Alfonsus Liguori menasihatkan keluarga-keluarga di keuskupannya untuk menciptakan ruang doa keluarga. Maksud dari Santo Alfonsus adalah untuk mengajak keluarga-keluarga memulai doa bersama dalam keluarga. Melalui cara itu, Santo Alfonsus hendak memurnikan hidup keluarga-keluarga. Hal ini dilakukan oleh Santo Alfonsus karena banyak keluarga menghadapi tantangan berat pada masa itu. Kesetiaan pada pasangan terancam dan hidup keluarga yang telah dikuduskan pun terancam. Melalui doa, banyak keluarga diselamatkan dan didamaikan. Kekudusan hidup keluarga pun terjaga. Apakah keluarga atau komunitas kita juga dengan tekun menjaga kemurnian dan kekudusan melalui doa bersama?

Doa: Ya Tuhan, ajarilah aku berdoa. Beranikanlah aku untuk mengajak keluargaku dan rekan-rekanku untuk berdoa bersama. Amin.

sumber:Ziarah Batin 2010 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar