Jumat, 29 April 2011

Sabtu, 30 April 2011,OKTAF PASKAH(Ziarah Batin 2011)-Bacaan Injil : Mrk. 16:9–15

Sabtu, 30 April 2011
OKTAF PASKAH (P)
St. Marianus dan Yakobus; St. Pius V, Paus;
St. Yosef–Benedik Cottolengo; B. Benediktus dr Urbino

Bacaan I: Kis. 4:13–21
Mazmur : 118:1,14–15,16ab,18,19–21; R: 21a
Bacaan Injil : Mrk. 16:9–15

Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari per­tama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengu­sir tujuh setan. Lalu perempuan itu pergi mem­beritahukannya kepada mereka yang selalu mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis. Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya.Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota. Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada mereka pun teman-teman itu tidak percaya.
Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kese­belas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka: ”Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.”


Renungan

Paskah adalah warta gembira yang mengagetkan dan sekaligus membuka cakrawala. Yesus yang bangkit tidak hanya membuka pintu kubur, tetapi sekaligus membuka jalan ke masa depan dengan segala kemungkinan tidak terbatas. Paskah memberikan peluang dan kekuatan menangkap inspirasi baru yang benar, sah, dan berbuah. Paskah adalah kejutan secara positif yang membebaskan dan memberdayakan. Inspirasi dan paham baru yang ditawarkan Paskah kiranya menjadi milik kita dan kita luaskan menjadi milik seluruh dunia dan bukan hanya sekelumit kaum elit saja. Paskah adalah menjadikan yang impossible jadi possible!

Seorang perempuan, yang jarang diakui secara publik justru dipilih Yesus menjadi untuk narasumber dan saluran warta yang menggemparkan itu. Mungkin saja kesebelas murid agak kecewa mengapa bukan mereka yang pertama-tama dipilih-Nya, melainkan kepada Maria Magdalena.

Doa: Yesus, kuatkanlah aku meluaskan Paskah-Mu kepada lingkunganku. Bersama Engkau yang bangkit, aku dapat mengubah dunia ini. Amin.

sumber:Ziarah Batin 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar