Jumat, 07 Oktober 2011

Sabtu, 8 Oktober 2011 (ziarah batin 2011)

Sabtu, 8 Oktober 2011
Pekan Biasa XXVII (H)
Simeon; St. Sergius dan Bakhus
Bacaan I : Yl. 3:12–21
Mazmur : 97:1-2,5–6,11–12; R: 12a
Bacaan Injil : Luk.11:27–28

Ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: ”Ber­bahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau.” Tetapi Ia berkata: ”Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.”


Renungan

Banyak orang terpesona menyaksikan Yesus melakukan mukjizat menyembuhkan orang dan mengusir setan. Banyak orang tertegun mendengar kebijaksanaan yang keluar dari mulut-Nya. Seorang perempuan tidak tahan untuk melontarkan kata-kata pujian. ”Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau.” Yesus tentu tidak menyangkal akan kebahagiaan dan berkat yang menjadi milik Maria, bunda-Nya. Dan, memang Kidung Maria sendiri meneguhkan hal itu: ”segala keturunan akan menyebut aku bahagia” (Luk. 1:489).
Yesus menjawab dengan suatu pernyataan yang inklusif dengan memperluas makna berkat dan kebahagiaan yang meliputi semua orang yang menerima dan melakukan, yang mendengar dan memelihara Sabda. Allah menghendaki agar kita hidup sebagai saudara dalam satu keluarga dan Allah menjadi Bapanya. Di sini, Yesus mau mengubah relasi manusia yang didasarkan semata atas hubungan darah dengan suatu keluarga yang diikat dan disatukan dalam iman akan Allah. Oleh karena itu, menjadi berkat dan sumber kebahagiaan bagi sesama selalu bermuara pada kesatuan kita dalam Tuhan. Kita menjadi rahmatan lil alamin kalau kita selalu hidup dalam rahmat Allah.

Doa
Ya Tuhan, tambahkan dahagaku akan Sabda-Mu dan kuatkanlah aku untuk melakukannya agar aku menjadi sumber berkat dan sukacita bagi sesamaku. Amin.

sumber:ziarah batin 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar