Jumat, 09 Desember 2011

Sabtu, 10 Desember 2011~Pw SP Maria dr Loreto (ziarah batin 2011)

Sabtu, 10 Desember 2011
Pekan ADVEN II (U)
Pw SP Maria dr Loreto; St. Miltiades, Paus;
B. Marc Antonio Durando

Bacaan I: Sir. 48:1–4,9–11
Mazmur : 80:2ac,3b,15–16,18–19; R: 4
Bacaan Injil : Mat. 17:10–13

Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: ”Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?” Jawab Yesus: ”Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka.” Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.


Renungan

Ada seorang Uskup datang ke sebuah paroki. Tak ada yang mengenalinya. Ia pun ditolak masuk pastoran karena dikira penipu yang hanya ingin meminta uang. Hal serupa sering terjadi. Sebuah kuasa besar sering tersembunyi. Orang pun mudah menilai sesama hanya berdasarkan penampilannya. Kuasa Tuhan turun atas Elia yang diagungkan kemuliaannya itu. Tujuan pemberian kuasa itu tidak lain adalah untuk menyampaikan cinta Tuhan yang ingin agar hati bapa kembali kepada anaknya. Kuasa Tuhan adalah kuaca cinta.

Sering kali cara terbaik untuk melunakkan hati yang begitu keras adalah menyirami orang itu dengan cinta tulus. Mereka yang memperlakukan Yohanes Pembaptis sesuka hati sebenarnya merindukan cinta. Karena hanya memusatkan diri pada hal besar yang terlihat dalam penampilan, mereka pun tidak mengenali kuasa besar Tuhan dalam diri Yohanes Pembaptis yang harus mendahului Yesus. Banyak orang seperti itu diutus kepada kita, tetapi kita enggan mengenali mereka.

Doa: Yesus, pulihkanlah aku dengan cinta-Mu. Aku ingin selalu mampu mengenali keperkasaan-Mu yang sering tersembunyi dalam cinta lembut sesamaku. Amin.

sumber :ziarah batin 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar