Jumat, 13 Januari 2012

Sabtu, 14 Januari 2012

Sabtu, 14 Januari 2012
PEKAN BIASA I (H)
St. Feliks dr Nola; B. Petrus Donders;
B. Odorikus dr Pordenone
Bacaan I: 1Sam. 9:1–4.17–19;10:1aMazmur : 21:2–3.4–5.6–7; R: 2a
Bacaan Injil : Mrk. 2:13–17

Sesudah itu Yesus pergi lagi ke pantai danau, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka. Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: ”Ikutlah Aku!” Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia.

Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia. Pada waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Ia makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya: ”Mengapa Ia makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?” Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: ”Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Renungan
Nasib seseorang sering kali tidak bisa direncanakan. Perjumpaan tak terduga dengan seseorang atau dengan suatu peristiwa tertentu dapat mengubah haluan hidup dan memberi makna baru. Pada awal April 2011 Briptu Norman Kamaru tiba-tiba menjadi terkenal dan masuk dalam kalangan selebriti gara-gara melantunkan lagu Chaiya-Chaiya disertai goyangan India dan tersebar melalui youtube. Dalam sekecap hidupnya berubah!

Saul disuruh ayahnya untuk mencari keledai-keledai betina yang hilang. Di tengah upaya pencarian yang gagal, Saul bertemu dengan Samuel untuk meminta petunjuk. Perjumpaannya ini mengubah hidupnya. Saul diurapi oleh Samuel menjadi raja sesuai perintah Tuhan. ”Sungguh, Tuhan telah mengurapi engkau menjadi raja atas umat-Nya Israel. Engkau akan memegang tampuk pemerintahan atas umat Tuhan” (1Sam. 10:1).

Dari seorang anak peternak, Saul menjadi raja! Lewi yang duduk di rumah cukai mengalami hal yang serupa. Yesus datang menjumpai dia dan memanggil dia untuk mengikuti-Nya. ”Ikutilah Aku!” Kiranya Lewi tidak pernah menyangka akan mengalami hal seperti ini. De facto seluruh haluan hidupnya berubah. Dari pemungut cukai, yang terlanjur dicap sebagai pendosa, menjadi murid Yesus yang diutus untuk mewartakan kabar sukacita-Nya. Kita juga mencatat bahwa di dalam kedua kisah ini ada Tuhan yang mengambil inisiatif dan yang berkarya.

Baiklah kita merefleksikan orang-orang atau peristiwa-peristiwa yang mengubah hidup kita masing-masing dan memberi makna baru bagi haluan hidup kita serta bagaimana Tuhan bekerja di dalam semuanya itu.

Doa: Tuhan yang mahabaik, karya-Mu sungguh agung dan tidak terduga. Aku bersyukur karena Engkau berkenan menuntun hidupku menjadi baru di dalam Dikau. Amin.

sumber:ziarah batin 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar