Jumat, 03 Februari 2012

Sabtu, 4 Februari 2012

Sabtu, 4 Februari 2012
St. Yosef dr Leonisa; St. Yohanes de Britto;
St. Isidorus dr Mesir; Sta. Katarina dr Ricci;
Sta. Yoana Valois

Bacaan I: 1Raj. 3:4–13
Mazmur : 119:9.10.11.12.13.14; R: 12b
Bacaan Injil : Mrk. 6:30–34



Kemudian rasul-rasul itu kembali ber­­­­­kum­pul dengan Yesus dan memberi­ta­­­hukan kepada-Nya semua yang me­­re­ka kerjakan dan ajarkan. Lalu Ia berkata ke­pa­da mereka: ”Marilah ke tempat yang sunyi, su­pa­ya kita sendirian, dan beristirahatlah seke­tika!” Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat. Maka berangkatlah mere­ka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi pada wak­tu mereka bertolak banyak orang melihat mereka dan mengetahui tujuan mereka. De­ngan meng­ambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu sehingga men­dahului mereka. Ketika Yesus mendarat, Ia me­lihat sejumlah be­sar orang banyak, maka ter­geraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada me­reka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gem­bala. Lalu mulailah Ia meng­ajarkan banyak hal kepada mereka.

Renungan

Semua orang yang memiliki kendaraan tahu bahwa kendaraan mereka tak bisa digunakan terus-menerus. Kalau tidak, dalam waktu singkat kendaraan akan hancur atau minimal mogok di jalan. Ada saatnya kendaraan diistirahatkan, masuk bengkel dan diservis kembali.

Hal yang sama terjadi pada manusia. ”Marilah kita pergi ke tempat yang sunyi supaya kita sendirian dan beristirahat sejenak,” ujar Yesus kepada murid-murid-Nya. Yesus menyadari pentingnya menjaga keseimbangan, perlunya istirahat sesudah kerja keras. Meski demikian, ada saat tertentu kita diminta ”mengorbankan” waktu istirahat kita demi suatu kebutuhan yang lebih mendesak dan penting. Itulah hikmah yang kita ambil dari bacaan Injil hari ini.

Doa: Tuhan Bapa yang baik, berilah aku kesadaran untuk menjaga keseimbangan hidup dengan berani mengambil waktu untuk beristirahat secara bertanggung jawab. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar