Sabtu, 31 Juli 2010

Kamis, 22 Juli 2010

Kamis, 22 Juli 2010

Pw.Sta. Maria Magdalena; St. Teofilus

Bacaan I : Yer 2:1-3.7-8.12-13
Mazmur : 36:6-7ab.8-11; R:10a
Bacaan Injil : Mat 13:10-17

"berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar"

(Mat 13:10-17)

"Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: ”Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?” Jawab Yesus: ”Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak men­dengar dan tidak mengerti. Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.
Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin men­dengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.”
(Mat 13:10-17)

Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus,

Hari ini gereja memperingati Sta. Maria Magdalena.Dikisahakan Maria Magdalena seorang yang amat cantik dan ia bangga akan kecantikannya itu. Tetapi, setelah berjumpa dengan Yesus, Maria merasakan penyesalan yang mendalam atas hidupnya yang jahat. Ketika Yesus pergi ke rumah seorang kaya bernama Simon untuk suatu perjamuan makan, Maria datang dan menangis di kaki-Nya. Kemudian, dengan rambutnya yang panjang serta indah, ia mengeringkan kaki Yesus dan meminyakinya dengan minyak wangi yang mahal harganya.

Dalam warta gembira hari ini,dikisahkan di antara para pendengar Yesus, ada yang tidak sampai melihat dan memahami siapakah Yesus sebenarnya. Mereka tetap buta dan tuli. Terhadap orang-orang itu, Yesus berkata terus terang sebagaimana Ia mengutip Nabi Yesaya: ”Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap” (Mat 13:14). Para murid Yesus diharapkan tidak seperti orang-orang itu.

Belajar dari apa yang dilakukan dan dialami oleh Maria Magdalena yang melihat dan mendengar Yesus langsung menanggapi dengan sepenuh hati,maka marilah meskipun kita tidak melihat dan mendengar Yesus secara langsung, kita tetap menerima-Nya . Kita dapat melihat dan memahami Yesus lewat Sabda-Nya, lewat pewartaan Injil, peristiwa, dan orang yang menyatakan-Nya. Betapa iman seperti inilah yang diharapkan Yesus kepada para pendengar-Nya.

Saudara-saudari terkasih,

Di suatu daerah,tinggallah sebuah keluarga katolik.Mereka di karuniai anak semata wayang.Sebut saja namanya Joko.Sejak kecil,Joko selalu di manja.dan bila keinginannya tidak di penuhi,ia marah.Tidak mau makan,tidak mau ke gereja serta tidak mau ke sekolah.

Karena kedua orangtuanya katolik,Joko tahu Yesus.Tapi hanya sekedar tahu.Di rumahnya ada alkitab,tapi sama sekali tidak pernah di baca.Berkali-kali kedua orangtuanya menasehati Joko agar rajin membaca alkitab,tapi jawab Joko:"malas ah!saya tidak paham isinya.Lagi pula baru baca 1 ayat,mata sudah terasa ngantuk.Lebih baik baca komik." Di gereja,Joko juga melamun bila pastur memberikan homili.Dan bila di rumahnya diadakan misa lingkungan,Joko malah memilih main ke rumah teman-temannya."Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap."

Apakah selama ini kita hanya mendengar dan melihat namun tidak mengerti dan menanggap?

marilah berdoa:Yesus, tambahkanlah imanku agar aku tekun untuk dapat melihat dan mendengarkan Engkau.Amin.

"Keadilan-Mu adalah seperti gunung-gunung Allah, hukum-Mu bagaikan samudera raya yang hebat. Manusia dan hewan Kauselamatkan, ya TUHAN.Betapa berharganya kasih setia-Mu, ya Allah! Anak-anak manusia berlindung dalam naungan sayap-Mu.Mereka mengenyangkan dirinya dengan lemak di rumah-Mu; Engkau memberi mereka minum dari sungai kesenangan-Mu.Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang.Lanjutkanlah kasih setia-Mu bagi orang yang mengenal Engkau, dan keadilan-Mu bagi orang yang tulus hati!Janganlah kiranya kaki orang-orang congkak menginjak aku, dan tangan orang fasik mengusir aku." (Mzm 36:6-7ab,8-9,10-11)

sumber :ziarah batin 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar