Sabtu, 31 Juli 2010

Minggu, 18 Juli 2010

Minggu, 18 Juli 2010

Pekan Biasa XVI – St. Frederik dr Utrecht;
St. Simforosa dan Putra-putranya

Bacaan I : Kej 18:1-10a
Mazmur : 15:2-3ab.3cd-4ab.5; R:1a
Bacaan II : Kol 1:24-28
Bacaan Injil : Luk 10:38-42

"Menyenangkan Tuhan"

(Luk 10:38-42)


"Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya.Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: ”Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku.” Tetapi Tuhan menjawabnya: ”Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya" (Luk 10:38-42)

Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus,

Bagi anda yang sudah berkeluarga atau yang sedang berpacaran.Bagaimana anda menyenangkan pasangan?Jawabannya tentu bermacam-macam,ada yang membelikan barang kesukaan si dia,mengajak ke tempat yang romantis,membuatkan teh atau kopi ketika suami pulang kerja,dan lain-lain

Warta gembira hari ini menceritakan bagaimana Maria menyenangkan hati Yesus dengan cara duduk mendengarkan Sang Sabda yang berbicara. Dengan demikian, ambil bagian hidup dan perjamuan Tuhan.
Kalau dipikir-pikir,kenapa Maria berbuat demikian?Bukankah lebih baik dia membantu Marta saudarinya?
Karena Maria tahu bahwa Tuhan telah lebih dahulu menyenangkan hatinya.Melalui pribadi Yesus,Tuhan menyatakan Diri; Ia mau datang dan menawarkan kasih-pengampunan.

Bagi kita,marilah meneladani apa yang dilakukan oleh Maria.Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai membaca Sabda Tuhan dan mengambil waktu untuk merenungkan dan berdialog dengan Tuhan. Kita diingatkan pula untuk membuka hati dan pikiran untuk menyambut setiap orang yang berkehendak baik, yang menyatakan kebenaran dan kebaikan Tuhan.

Saudara-saudari terkasih,

Suatu saat,ketika saya sedang mengikuti misa kudus di gereja St.Thomas Kelapa 2,Romo Andre,memulai suatu homili yang unik dengan mengajukan pertanyaan kepada umat:"Seberapa sering anda membaca kitab suci?2 hari sekali,3 hari sekali atau seminggu sekali?" .Saya perhatikan respon beberapa umat tampak mengerutkan kening mencoba mengingat berapa kali mereka membaca alkitab.Kemudian pertanyaan berlanjut dengan:"Seberapa sering anda membuka facebook?"Sebagian umat tampak tertawa kecil.

Apakah selama ini kita sudah menyenangkan Tuhan?

marilah berdoa:Tuhan Yesus Kristus, ajarilah aku menyadari bahwa Engkau ingin menyenangkan aku. Arahkan hati dan telingaku untuk mendengarkan Engkau. Amin.

Tuhan memberkati

"Yaitu dia yang berlaku tidak bercela, yang melakukan apa yang adil dan yang mengatakan kebenaran dengan segenap hatinya,yang tidak menyebarkan fitnah dengan lidahnya, yang tidak berbuat jahat terhadap temannya dan yang tidak menimpakan cela kepada tetangganya;yang tidak menyebarkan fitnah dengan lidahnya, yang tidak berbuat jahat terhadap temannya dan yang tidak menimpakan cela kepada tetangganya;yang memandang hina orang yang tersingkir, tetapi memuliakan orang yang takut akan TUHAN; yang berpegang pada sumpah, walaupun rugi;yang tidak meminjamkan uangnya dengan makan riba dan tidak menerima suap melawan orang yang tak bersalah. Siapa yang berlaku demikian, tidak akan goyah selama-lamanya." (Mzm 15:2-3ab,3cd-4ab,5)


sumber :ziarah batin 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar