Sabtu, 31 Juli 2010

Minggu, 25 Juli 2010

Minggu, 25 Juli 2010

Pekan Biasa XVII
Pesta St. Yakobus, Rasul

Bacaan I : Kej 18:20-32
Mazmur : 138:1-2a.2bc-3.6-7ab.7c-8; R:3a
Bacaan II : Kol 2:12-14
Bacaan Injil : Luk 11:1-13




"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu"

(Luk 11:1-13)

"Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: ”Tuhan, ajarlah ka­­mi berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya.” Jawab Yesus kepada mereka: ”Apabila kamu berdoa, kata­kan­lah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan.” Lalu kata-Nya kepada mereka: ”Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara. Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya.
Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”
(Luk 11:1-13)

Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus,

Bagi anda sahabat pria,pernah punya pacar yang manja?Atau mungkin para ibu punya keponakan dan anak yang manja? Wah,saya harap cuma sedikit yang punya.Coba saja lihat ulah mereka kalau minta sesuatu tapi tidak di turuti,pasti merengek.Kalau sudah merengek,mau tidak mau kita menjadi kasihan juga,akhirnya menuruti apa yang menjadi keinginan mereka.

Warta gembira hari ini menceritakan bagaimana lewat Doa Bapa Kami,Yesus mengajarkan bagaimana memohon kepada Bapa yang tidak jauh itu, yaitu meminta hal-hal pokok yang perlu, seperti kedatangan Kerajaan-Nya, memohon rezeki yang cukup, pengampunan, dan dibebaskan dari yang jahat. Selain itu, Yesus mengajarkan bagaimana berdoa dan memohon, yaitu tidak kenal lelah dan tekun, mungkin bisa diibaratkan seperti pengemis yang mengetuk, meminta, dan mencari.

Maka marilah seandainya kita punya permohonan dalam kehidupan sehari-hari,mohonlah kepada Bapa dengan penuh ketekunan dan terus-menerus perihal apa yang kita minta. Bapa akan mengabulkan setiap permohonan dan memberi yang terbaik, yaitu Roh Kudus. Mari kita mulai memohon rahmat Roh Kudus, Roh yang juga menjiwai Kristus, memimpin kita menjadi anak-anak Allah.

Saudara-saudari terkasih,

Dalam suatu sesi diskusi Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP),seorang peserta bertanya kepada romo yang memimpin diskusi:"Romo,kenapa sech Tuhan TIDAK PERNAH mengabulkan doa saya!Padahal saya sudah tekun berdoa?" Kemudian Romo tersebut tersenyum dan berkata:"boleh saya tahu,anda meminta apa?" Pemuda itu menjawab:"saya minta uang yang banyak!Sebab saya capek selalu hidup miskin!"

Dengan tenang Romo tersebut menjawab:"Tuhan tidak pernah menjawab "TIDAK" dalam setiap doa kita.Tuhan menjawab doa kita dengan 3 cara :
1.Ya (memberi apa yang kita minta,saat itu juga)
2.Mengganti dengan yang lain,yang lebih baik(kalau anak bapak yang berumur 10 tahun,minta pisau,tentu bapak akan mengganti dengan yang lain,yang lebih baik.Misalkan mainan mobil-mobilan)
3.Tunggu (sabar menanti waktu Tuhan.Di dalam hidup ini,semua ada waktunya.Ada waktunya kita menabur..ada juga waktunya kita menuai,mungkin dalam hidup anda badai datang menyerbu,mungkin doamu bagai tak terjawab!Namun yakinlah tetap..Tuhan tidak akan terlambat!Juga tidak akan lebih cepat.Semuanya Dia jadikan indah tepat pada waktunya).
.Mintalah,maka akan diberikan kepadamu.

Apakah selama ini kita sudah meminta kepada Bapa perihal permohonan kita dan menyerahkan seluruhnya kepada kehendak-Nya?

marilah berdoa:Bapa, jadilah kehendak-Mu. Utuslah Roh Kudus memimpin aku berdoa.Amin.


"Dari Daud. Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hatiku, di hadapan para allah aku akan bermazmur bagi-Mu.Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu.Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu.Pada hari aku berseru, Engkaupun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.TUHAN itu tinggi, namun Ia melihat orang yang hina, dan mengenal orang yang sombong dari jauh.Jika aku berada dalam kesesakan, Engkau mempertahankan hidupku; terhadap amarah musuhku Engkau mengulurkan tangan-Mu, dan tangan kanan-Mu menyelamatkan aku.Jika aku berada dalam kesesakan, Engkau mempertahankan hidupku; terhadap amarah musuhku Engkau mengulurkan tangan-Mu, dan tangan kanan-Mu menyelamatkan aku.TUHAN akan menyelesaikannya bagiku! Ya TUHAN, kasih setia-Mu untuk selama-lamanya; janganlah Kautinggalkan perbuatan tangan-Mu!" (Mzm 138:1-2a.2bc-3,6-7ab,7c-8)

sumber :ziarah batin 2010

sekaligus saya ingin mengajak saudara-saudari agar berdoa bagi kesucian para Imam,dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

Tidak ada komentar:

Posting Komentar