Sabtu, 31 Juli 2010

Senin, 26 Juli 2010

Senin, 26 Juli 2010

Pw St. Yoakim dan Ana, Orangtua SP Maria
Bacaan I: Sir 44:1.10-15
Mazmur : 132:11.13-14.17-18; R: Luk 1:32a
Bacaan Injil : Mat 13:16-17



"Yang berbahagia"

(Mat 13:16-17)

”Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesung­guhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.” (Mat 13:16-17)

Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus,

Hari ini gereja memperingati St.Yoakim dan Sta.Ana.Dikisahkan bagaimana mereka taat beribadah kepada Tuhan dan melakukan banyak perbuatan baik. Namun demikian, ada satu hal yang membuat mereka sedih; Tuhan belum memberi mereka seorang anak pun. Selama bertahun-tahun, Anna memohon kepada Tuhan untuk memberinya anak. Ia berjanji untuk mempersembahkan anaknya itu kelak kepada Tuhan. Ketika sudah lanjut umurnya, Tuhan menjawab doa Anna dengan cara yang amat luar biasa, yang bahkan tidak pernah terbayangkan olehnya. Anak yang lahir bagi St. Yoakim dan Sta. Anna adalah Santa Perawan Maria Immaculata (=yang Dikandung Tanpa Dosa).

Warta gembira hari ini,mengangkat sabda Yesus :"banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.” (Mat 13:17).Dari sini pasti muncul pertanyaan di benak anda,Apa yang dilihat dan apa pula yang di dengar dan mengapa tidak dapat melihat dan mendengar?Yang pasti bukanlah sesuatu yang kasat mata melainkan sesuatu yang adikodrati.Untuk itu diperlukan mata hati,mata iman dan indra batiniah untuk memahami semua itu.

Meneladani apa yang sudah dilakukan oleh St.Yoakaim dan Sta.Anna,dimana mereka disebut sebagai kelompok orang "yang berbahagia",karena dengan mata batin dan iman mereka,telah menangkap maksud Ilahi dan memasrahkan Maria anak mereka kepada misteri penyelenggaraan Allah,maka marilah , agar kita di sebut juga sebagai "yang berbahagia"(mampu melihat dengan benar dan menangkap kehendak Yang Ilahi) kita tinggalkan ketertarikan lahiriah(terpesona dan puas oleh hal-hal fisik belaka) dan menghayati keutamaan-keutamaan Yesus.

Saudara-saudari terkasih,

Di kisahkan ada sepasang suami istri yang sudah 25 tahun menikah,tapi belum juga di karuniai buah hati.Padahal secara medis,kedua pasangan ini sehat-sehat saja.Berbagai cara sudah mereka lakukan,mulai dari rosario,novena,ziarah ke gua maria,matiraga,dan lain sebagainya.Namun belum juga ada hasil.

Karena putus asa,akhirnya kedua pasangan ini mengambil jalan pintas dengan menghubungi jasa penyedia bayi yang ilegal.Namun,apa mau di kata,ternyata hal ini malah menyebabkan mereka berurusan dengan pihak berwajib.Bayi yang mereka peroleh,ternyata adalah hasil penculikan.Andai saja mereka mau melihat dengan mata batin mereka,apa maksud Tuhan dengan tidak memberikan mereka anak,tentunya mereka akan di sebut yang berbahagia.

Sudahkah kita melihat segala sesuatu dengan mata batin kita?Atau jangan-jangan kita masih kurang peka terhadap rancangan Tuhan?

marilah berdoa:Tuhan Yesus, aku sangat ingin Engkau menyapaku ”yang berbahagia”. Namun, aku sadar akan kelemahanku. Melekkanlah mata batinku agar senantiasa terbuka dan fokus pada rencana terbaik-Mu bagi hidupku dan sesamaku.Semoga Tuhan memberkati kita,melindungi kita terhadap dosa dan menghantar kita kehidup yang kekal.Amin.

Tuhan memberkati


"TUHAN telah menyatakan sumpah setia kepada Daud, Ia tidak akan memungkirinya: "Seorang anak kandungmu akan Kududukkan di atas takhtamu;Sebab TUHAN telah memilih Sion, mengingininya menjadi tempat kedudukan-Nya:Inilah tempat perhentian-Ku selama-lamanya, di sini Aku hendak diam, sebab Aku mengingininya.Di sanalah Aku akan menumbuhkan sebuah tanduk bagi Daud, Aku akan menyediakan sebuah pelita bagi orang yang Kuurapi.Musuh-musuhnya akan Kukenakan pakaian penuh malu, tetapi di atas kepalanya akan bersemarak mahkotanya." (Mzm 132:11,13-14,17-18)

sumber:ziarah batin 2010

Sekaligus saya ingin mengajak anda untuk berdoa kesucian para imam dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

Tidak ada komentar:

Posting Komentar