Sabtu, 31 Juli 2010

Sabtu, 24 Juli 2010

Sabtu, 24 Juli 2010

St. Kristoforus, Mrt.; Sta. Kristina, Mrt;
St. Sharbel Makhluf; B. Yohanes Soreth

Bacaan I : Yer 7:1-11
Mazmur : 84:3-6a.8a.11; R:2
Bacaan Injil : Mat 13:24-30

"musuh menaburkan benih lalang"

(Mat 13:24-30)

"Yesus membentangkan suatu perumpama­an lain lagi kepada mereka, kata-Nya: ”Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya. Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi. Ketika gandum itu tum­buh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu. Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata: Tuan, bukankah benih baik, yang tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu? Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu? Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu. Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku.” (Mat 13:24-30)

Saudara-saudari yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus,

Mudah-mudahan yang membaca tulisan saya ini bukan termasuk korban dari perselingkuhan.Sakit rasanya bila suatu hubungan baik yang sedang anda bina dengan pasangan anda, tiba-tiba hadir orang ke -3 yang lebih segala-galanya dari anda (lebih kaya,cantik/tampan,lebih pintar).Entah orang ke-3 itu melakukannya dengan sengaja atau tidak,yang pasti sudah membuat hubungan anda berantakan.

Seperti halnya hubungan anda dengan pasangan anda,hubungan kita dengan Tuhan pun(beriman dan menjalankan Sabda-Nya),akan selalu menghadapi godaan dan tantangan dari ”si jahat”. Itulah yang Yesus maksud dengan ”musuh yang menaburkan benih lalang”.
Namun Tuhan tidak membiarkan manusia berjuang sendirian. Tuhan begitu mengasihi manusia. Kalau umat bersalah Dia akan menegur agar umat-Nya kembali kepada-Nya, seperti ditulis dalam kitab Yeremia (7:3): ”Beginilah firman Tuhan semesta alam, Allah Israel: Perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu, maka Aku mau diam bersama-sama kamu di tempat ini.”

Maka marilah kita selalu memohon kesabaran dan kekuatan kepada Tuhan agar benih baik (iman) yang kita miliki dapat tumbuh menjadi gandum pada saat musim panen nanti dan disimpan dalam lumbung,bukan di bakar dalam nyala api seperti halnya ilalang yang selama ini mengganggu pertumbuhan benih kita.

Saudara-saudari terkasih,

Dikisahkan ada seorang pemuda yang sangat sukses.Sebut saja namanya Edo.Meskipun masih muda,Edo sudah mampu membeli rumah mewah beserta isinya.Maklum saja,karena Edo adalah seorang artis.Karena sukses yang terlalu cepat di usia muda serta tidak disertai pertumbuhan iman yang matang,akhirnya Edo terjerumus dalam pergaulan narkoba hingga akhirnya masuk penjara.

Beberapa tahun kemudian,Edo bebas.Setelah berjanji pada pihak keluarga serta pers,bahwa ia sudah kapok memakai narkoba,Edo kembali menjalani kehidupannya sebagai artis.Namun sayang,baru beberapa minggu setelah pengakuannya akan bebas narkoba,Edo kembali tergiur narkoba sehingga harus berurusan dengan kembali dengan pihak berwajib."Musuh akan selalu berusaha untuk menebar benih ilalang"

Apakah selama ini kita sudah berusaha agar benih yang ada di hati kita dapat bebuah pada saat panen nanti?

marilah berdoa:Tuhan Yesus, aku sering takut bila menghadapi godaan dan tantangan dalam iman. Mohon kuatkanlah aku. Amin.

Tuhan memberkati


"Bahkan burung pipit telah mendapat sebuah rumah, dan burung layang-layang sebuah sarang, tempat menaruh anak-anaknya, pada mezbah-mezbah-Mu, ya TUHAN semesta alam, ya Rajaku dan Allahku!
Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-Mu, yang terus-menerus memuji-muji Engkau.Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah!Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.Ya TUHAN, Allah semesta alam, dengarkanlah doaku, pasanglah telinga, ya Allah Yakub.Sebab TUHAN Allah adalah matahari dan perisai; kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela."
(Mzm 84:3,4,5-6a,8a,11)

sumber:ziarah batin 2010

sekaligus saya ingin mengajak saudara-saudari agar berdoa bagi kesucian para Imam,dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

Tidak ada komentar:

Posting Komentar