Kamis, 19 Agustus 2010

Jumat,20 Agustus 2010 (Peringatan Wajib St. Bernardus)-Kasihilah Tuhan, Allahmu dan Kasihilah sesamamu (Mat 22:34-40)

Jumat,20 Agustus 2010

Pw.St.Bernardus,Abas,Pjg;
Samuel,Imam dan Hakim

Bacaan I :Yeh 37:1-14
Mazmur :Mzm 107:2-3,4-5
Bacaan II :Mat 22:34-40



"Kasihilah Tuhan, Allahmu dan Kasihilah sesamamu"
(Mat 22:34-40)

"Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:"Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
(Mat 22:34-40)

Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus,

Hari ini gereja memperingati peringatan wajib Santo Bernardus, Abbas dan Pujangga Gereja.Dikisahkan,Bernardus dari Claivaux (=lembah Hening) lahir pada tahun 1090, dekat Dijon, Perancis. Putera dari Tescelin Sorrel dan Aleth Montbard ini digelari Pujangga Gereja dan dikenal juga sebagai Bapa Gereja Terakhir.

Di bawah bimbingan Abbas Santo Stefanus, Bernardus mempelajari Kitab Suci dan giat menulis banyak buku. Kemahirannya dalam bahasa Latin sangat membantu dia di dalam menerangkan dengan jitu makna Sabda Allah bagi hidup manusia.

Ia meninggal dunia pada tahun 1153; dinyatakan 'kudus' pada tahun 1174 dan diakui sebagai Pujangga Gereja, bahkan Bapa Gereja terakhir pada tahun 1830.

Saudara-saudari terkasih,

Suatu saat,ketika saya sedang menghadiri perayaan ekaristi di suatu gereja,saya merasa antusiasme umat yang begitu besar.Mulai dari kursi terdepan hingga terluar gereja penuh.Bahkan petugas tata tertib harus mengeluarkan kursi ekstra agar umat bisa menikmati ekaristi dengan nyaman.

Namun,sesudah perayaan selesai,apa yang saya dapati?Sampah berserakan di mana-mana.Mulai dari tisu,gelas minuman,bungkus permen,dan lain sebagainya.Sehingga para koster harus kerja keras untuk memunguti sampah yang ada.

Kadang,kita pun demikian.Ketika misa berlangsung,kita memuji dan memuliakan Tuhan,bukti bahwa kita mengasihi Tuhan,tapi sesudah misa,kita membuang sampah sembarangan,kita tidak mengasihi sesama,yang dalam hal ini adalah para koster.

Saudara-saudari terkasih,

Orang Farisi sungguh berbangga dengan pengetahuan mereka akan hukum Taurat.Mereka mencobai Yesus apakah Dia mengerti dengan tepat semua hukum Taurat seperti yang mereka mengerti.Mereka tidak terlalu mementingkan apakah Yesus tahu tentang hukum-hukum itu,tetapi apakah Yesus membuat penilaian yang tepat.Mereka menjebak Yesus;kalau Yesus mementingkan hukum berarti dia mengurangi nilai dari nilai dari hukum-hukum yang lain.Akan tetapi,Yesus tidak terjebak dengan memilih satu hukum di atas yang lain,justru Yesus mengetahui hukum Allah dan maksud dari hukum-hukum itu.Apa yang Allah tuntut dari umat-Nya?Allah hanya menuntut dari kita agar kita mencintai sebagaimana Dia mencintai kita.

Lantas bagaimana kita mencintai Allah dan sesama kita?Caranya adalah dengan menerapkan hukum kasih.Apapun yang kita lakukan bagi Tuhan dan sesama kalau tidak dilakukan dalam kasih dan keikhlasan,semuanya adalah hampa dan tidak berguna (bdk. 1 Kor 13:3).Allah adalah kasih dan segala sesuatu yang diciptakannya mengalir dari kasih-Nya.


Apakah selama ini kita sudah mencintai Tuhan dan sesama kita?

marilah berdoa:Tuhan,berilah aku kasih yang cukup untuk mengasihi-Mu dan juga sesama.Semoga setiap saat aku merasakan dan mengalami betapa besar kasih-Mu dalam hidupku.Dengan begitu,aku boleh dengan penuh sukacita membagi kasih Mu itu dengan sesamaku.Doa ini kami persembahkan Demi Yesus Kristus,Putera-Mu dan pengantarakami,yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam Roh Kudus,sepanjang segala masa.Amin

"Marilah pergi. Kita diutus."


"Biarlah itu dikatakan orang-orang yang ditebus TUHAN, yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan,yang dikumpulkan-Nya dari negeri-negeri, dari timur dan dari barat, dari utara dan dari selatan.Ada orang-orang yang mengembara di padang belantara, jalan ke kota tempat kediaman orang tidak mereka temukan;mereka lapar dan haus, jiwa mereka lemah lesu di dalam diri mereka."(Mzm 107:2-3,4-5)

sumber:ziarah batin 2010 dan Oase rohani

Sekaligus saya ingin mengajak anda untuk berdoa kesucian para imam dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

salam hangat,

A.M.Adi Normawan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar