Jumat, 20 Agustus 2010

Sabtu, 21 Agustus 2010 (Peringatan Wajib St. Pius X, Paus)-mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya(Mat 23:1-12)

Sabtu, 21 Agustus 2010

Pw St. Pius X, Paus
Bacaan I: Yeh 43:1-7a
Mazmur : 85:9ab-10.11-12.13-14; R:10b
Bacaan Injil : Mat 23:1-12




"mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya"
(Mat 23:1-12)

"Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: "Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya.

Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya. Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang; mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat; mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi. Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. Dan janganlah kamu menyebut siapa pun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."(Mat 23:1-12)

Saudara-saudari terkasih dalam Nama Tuhan Yesus Kristus,

Hari ini gereja memperingati peringatan wajib Santo Paus Pius X, Paus dan Pengaku Iman.Dikisahkan,Guiseppe Melchiore Sarto-demikian nama Paus Pius X-lahir di Reise, Treviso, Italia pada tanggal 2 Juni 1835. Anak kedua dari 10 bersauadara ini lahir dalam suasana kemiskinan sebuah keluarga petani sederhana. Pendidikan dasar ditempuhnya di Reise dan Castelfranco, Italia. Pada tahun 1858, ia menempuh pendidikan imam di Seminari Padua, Italia hingga ditabhiskan menjadi imam pada tanggal 18 September 1858.

Karier imamatnya dimulai di Paroki Tambolo, Italia sebagai pastor kepala. Setelah 9 tahun mengabdi di Tambolo, ia dipindahkan ke Paroki Salzano. Umat senang sekali padanya karena kesalehannya, kefasihannya berbicara dan kegiatan-kegiatan pastoralnya. Karena kesalehan dan kemampuannya, ia diangkat sebagai imam kanonik di gereja Katedral Treviso pada tahun 1875. Tak lama kemudian ia ditunjuk sebagai pembimbing rohani, pengajar dan rektor di Seminari Treviso. Di Treviso karier Sarto benar-benar meningkat.

Sepeninggal Paus Leo XIII, para Kardinal memilih Kardinal Guiseppe Melchiore Sarto menjadi Paus. Mulanya ia menolak menerima jabatan mulia itu. Dengan rendah hati, ia meminta para Kardinal agar tidak memilihnya menjabat martabat Gerejawi yang luhur itu, namun karena desakan para Kardinal, Sarto pun akhirnya menerima juga jabatan itu. Ia secara resmi menduduki Tahkta Petrus pada tanggal 9 Agustus 1903.

Meskipun ia seorang Paus, namun ia tetap sederhana dan sayang pada umat. Semasa hidupnya, ia beberapa kali menyembuhkan beberapa umat dari penyakitnya secara ajaib. Sebelum meninggal dunia, dalam surat wasiatnya ia menulis: "Saya dilahirkan miskin, saya hidup miskin dan saya ingin mati secara miskin pula". Beliau meninggal dunia pada tanggal 20 Agustus 1914 di Roma, dua minggu setelah pecah Perang Dunia I. Segera setelah ia meninggal terdengar banyak permintaan agar dia dinyatakan 'kudus' oleh Gereja

Saudara-saudari terkasih,

Dikisahkan,ketika Upacara Bendera belangsung di suatu sekolahan,terjadi kesalahan dalam pembacaan teks Pancasila yang dilakukan oleh seorang guru,yaitu menyebutkan sila ke-2,"Kemanusiaan yang adil dan makmur." Seharusnya,"Kemanusiaan yang adil dan beradab"

Lucunya,bapak guru ini malah marah-marah tidak jelas.Penyebabnya sudah jelas,MALU.Malu karena selama ini,dia selalu mengajarkan bagaimana sikap yang baik dan benar sebagai murid,kenyataannya,dia sendiri tidak melakukan apa yang di ajarkannya.

Dalam bacaan injil hari ini,Yesus mengakui kehebatan orang-orang Farisi atas pengetahuan mereka akan hukum Taurat.Oleh karena itu, Yesus mengajak para murid-Nya dan orang banyak untuk mengikuti nasihat-nasihat atau pesan-pesan orang Farisi. Namun, Yesus dengan tegas melarang mereka untuk melakukan apa yang orang-orang Farisi lakukan karena semua yang mereka lakukan itu hanya dimaksudkan untuk dilihat orang. Yesus telah memberikan tiga contoh mengenai hal ini; bagaimana tingkah laku orang Farisi kalau memberi sedekah (Mat 6:2); bagaimana mereka berdoa di pinggir-pinggir jalan dan berdiri di sinagoga (Mat 6:5); bagaimana mereka berpuasa dengan memasang muka yang muram (Mat 6:16). Semua ini mereka lakukan agar dilihat orang.

Di sini Yesus menambahkan lagi dua contoh yang lebih aneh lagi, yaitu mereka menggunakan tali sembahyang yang panjang dan jumbai yang panjang pula. Tali sembahyang mereka jauh lebih panjang agar mereka dibedakan dari yang lain. Jumbai mereka juga jauh lebih panjang dari orang-orang Yahudi biasanya. Jumbai sebenarnya mengingatkan bangsa pilihan Tuhan akan segala perintah Tuhan dan agar mereka selalu melakukannya (bdk. Bil 6:16). Namun dalam kenyataannya, mereka memakai tali dan jumbai yang panjang agar mereka dilihat orang; agar mereka dihormati dan dihargai orang-orang.

Belajar dari St.Pius X,dimana semasa hidupnya selalu mencontohkan apa yang di ucapkannya,maka marilah kita juga tunjukan melalui perbuatan nyata setiap apa yang kita ucapkan,agar orang-orang di sekeliling kita mengerti dan memahami bagaimana berlaku baik dan benar.


Apakah selama ini kita termasuk orang yang hanya berteriak dan memerintah sesama tapi kita sendiri tidak mau melakukannya?

marilah berdoa:Tuhan, Engkau mengetahui pikiran dan menyelami isi hatiku. Semoga segala yang aku lakukan hanya tertuju pada kemuliaan nama-Mu.Doa ini kami persembahkan Demi Yesus Kristus,Putera-Mu dan pengantarakami,yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam Roh Kudus,sepanjang segala masa.Amin

"Marilah pergi. Kita diutus."


"Sesungguhnya keselamatan dari pada-Nya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita.Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan bercium-ciuman.Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan menjenguk dari langit.Bahkan TUHAN akan memberikan kebaikan, dan negeri kita akan memberi hasilnya.Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan akan membuat jejak kaki-Nya menjadi jalan."(Mzm 85:9ab-10,11-12,13-14)

sumber:ziarah batin 2010 dan Oase rohani

Sekaligus saya ingin mengajak anda untuk berdoa kesucian para imam dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

salam hangat,

A.M.Adi Normawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar