Sabtu, 21 Agustus 2010

Minggu,22 Agustus 2010,Pekan Biasa XXI (Pw. SP Maria Ratu)-Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu(Luk 13:22-30)

Minggu, 22 Agustus 2010

Pekan Biasa XXI — Pw SP Maria, Ratu St. Simforianus, Mrt.
Bacaan I : Yes 66:18-21
Mazmur : 117:1.2; R:Mrk16:15
Bacaan II : Ibr 12:5-7.11-13
Bacaan Injil : Luk 13:22-30



Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu
(Luk 13:22-30)

"Kemudian Yesus berjalan keliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. Dan ada seorang yang ber­kata kepada-Nya: "Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?" Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri diluar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan,bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu darimana kamu datang. Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum dihadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami. Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang,enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan!Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar. Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah. Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir."
(Luk 13:22-30)

Saudara-saudari terkasih dalam Nama Tuhan Yesus Kristus,

Hari ini,gereja memperingati SP Maria,Pesta Santa Perawan Maria Ratu ditetapkan oleh Paus Pius XII pada tahun 1954.Peristiwa iman ini melestarikan komemorasi konsekrasi Gereja kudus dan seluruh umat manusia oleh Paus Pius XII kepada Hati Maria yang Tak Bernoda pada tahun 1942, ketika Perang Dunia tengah berkecamuk. Pesta SP Maria Ratu dirayakan seminggu sesudah HR Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga.Santa Perawan Maria kita hormati sebagai Ratu karena Maria adalah Ratu Surga dan Bumi. Kepada Kristus diberikan kemuliaan,kekuasaan dan kehormatan. Maka pantaslah BundaNya beroleh bagian dalam kemuliaan itu.Maria mendampingi Kristus bagai permaisuri mendampingi raja.

Saudara-saudari terkasih,

Kenal dengan Mike Tyson atau Holyfiled?Hampir semua orang pasti mengenal kedua petinju itu,tapi dengan Marcello Rios?Mungkin banyak orang yang bertanya,"Siapa dia?"

Marcelo Rios adalah petenis berasal dari Chile.Ada yang unik dari petenis yang satu ini,yaitu mengapa dia tidak begitu terkenal.Penyebabnya adalah Marcelo Rios ini tidak pernah sungguh-sungguh menjalani karir profesionalnya.Dia hanya sekedar bermain saja dan tidak pernah berlatih serius.Akibatnya prestasi dia selalu jeblok.

Akan tetapi,setelah dia mengalami kesadaran baru dalam hidupnya,dia mulai berlatih keras dalam setiap pertandingan ia berjuang sungguh-sungguh,hasilnya luar biasa.Hingga pada 1999 dia menjadi orang Chile pertama yang petenis nomer satu dunia.

Keberhasilannya di peroleh dari perjuangan melawan kemalasan dan kemudian berlatih keras menjadikan dia orang yang hebat di dunia tenis profesional.

Saudara-saudari terkasih,

"Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu!" Inilah jawaban Yesus yang sangat jelas menyatakan bahwa hidup ini adalah suatu perjuangan.Berjuang lebih keras karena pintu itu sangat sempit. Kita diberikan waktu untuk diisi dengan perjuangan dan kerja keras. Waktu adalah sungguh anugerah yang indah dan berharga dalam hidup dan tidak selayaknya di sia-siakan.

Surat permandian bukanlah tiket gratis masuk dalam pintu keselamatan. Mengikuti Ekaristi tiap minggu atau pun tiap hari tidak menjadi jaminan masuk ke dalam Kerajaan Surga. Usaha,kerja keras, dan komitmen pribadi yang tidak kenal lelah merupakan persyaratan utama untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah. Pada akhirnya yang terpenting adalah apakah Tuhan mengenal kita saat kita mengetuk pintu keselamatan. Bagaimana dia mengenal kita? Dalam pengadilan terakhir (Mat 25:31–46) Yesus ternyata mengidentikkan dirinya dengan orang-orang kecil dan tertindas.Dan Dia mengenal kita dalam bagaimana kita memperlakukan orang-orang kecil dan sahabat-sahabat-Nya itu.

Maka marilah kita semua menjawab tantangan Yesus untuk berjuang mendapatkan hasil yang baik selama hidup di dunia ini,di tengah berbagai rintangan dan cobaan,supaya bisa masuk ke dalam Kerajaan Allah

Apakah selama ini kita mempersiapkan diri kita untuk bisa masuk melewati pintu yang sempit tersebut?

marilah berdoa:Tuhan, biarlah setiap saat aku menggunakan kesempatan untukmempersiapkan diri supaya aku bisa masuk melewati pintu yang kecil,jalan kasih dan pengampunan, jalan salib dan pengorbanan.Doa ini kami persembahkan Demi Yesus Kristus,Putera-Mu dan pengantara kami,yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam Roh Kudus,sepanjang segala masa.Amin

"Marilah pergi. Kita diutus."


"Pujilah TUHAN, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa!Sebabkasih-Nya hebat atas kita, dan kesetiaan TUHAN untuk selama-lamanya.Haleluya!"(Mzm 117:1,2)


sumber:ziarah batin 2010 dan Oase rohani

Sekaligus saya ingin mengajak anda untuk berdoa kesucian para imam dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

salam hangat,

A.M.Adi Normawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar