Rabu, 25 Agustus 2010

Kamis, 26 Agustus 2010-Karena itu berjaga-jagalah(Mat 24:42-51)

Kamis, 26 Agustus 2010
Sta. Teresia Yornet, Prw;St. Zepherinus, Paus Mrt;
Sta. Teresia dr Avila

Bacaan I : 1Kor 1:1-9
Mazmur : 145:2-3.4-5.6-7; R:1
Bacaan Injil : Mat 24:42-51



"Karena itu berjaga-jagalah"
(Mat 24:42-51)


”Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga. Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. Akan tetapi apabila hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk, maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.”(Mat 24:42-51)
Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus,

Beberapa waktu yang lalu,di salah satu stasiun televisi swasta,di putar kembali film Genre : Adventure | Romance | Sci-Fi dengan judul Armagedon.Film ini bercerita tentang sebuah asteroid raksasa yang mengancam kehidupan di muka bumi karena diperkirakan meluncur dan akan berbenturan dengan bumi.

Kondisi masyarakat dunia tampak sangat panik.Segala bangsa memanjatkan doa kepada Tuhan agar di jauhkan dari malapetaka tersebut.Mereka semua tampak tidak siap menghadapi kematian yang akan segera menjemput mereka.Mereka baru sadar dan mau bertobat setelah ditimpa kemalangan dan penderitaan.

Saudara-saudari terkasih,

Tema dalam Injil Matius hari ini adalah tentang kedatangan Mesias di akhir zaman. Namun, kapan waktu yang tepat tidak pernah diberitahukan. Dia datang bagai seorang pencuri di malam hari. Seorang pencuri tentu jauh lebih pintar daripada penjaga. Sebelum melakukan pencurian, dia mungkin mengadakan survei; segala sesuatu diperhitungkannya agar tidak tertangkap. Dia datang pada saat-saat kita lengah. Celakalah kalau kita tidak siaga saat pencuri itu datang.

Bagaimana kita harus bersiaga selalu? Pertama, kita harus sadari bahwa semua tugas dan peran kita dalam hidup adalah suatu bentuk kepercayaan yang diberikan Allah kepada kita. Kedua, Yesus mengajak agar kita setia dan bijaksana dalam menjalankan tugas itu. Kesetiaan selalu dituntut dalam hidup kita dan dalam melakukan tugas yang dipercayakan kepada kita. Bukan soal besar atau kecil tugas dan tanggung jawab yang kita emban, bukan soal betapa penting dan kurang penting peran kita dalam hidup bermasyarakat, namun yang terpenting adalah setiap orang—besar maupun kecil, miskin maupun kaya—dipanggil untuk setia kepada tugas yang dipercayakan kepadanya. Sebab, pada akhirnya ”Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.”

Sekaligus juga,saya ingin mengajak saudara-saudari sekalian sebelum terlambat,mari kita mulai berbenah diri dari sekarang dengan tidak membiarkan sedetik pun waktu terlewat tanpa berbuat suatu kebaikan.

Apakah selama ini kita termasuk orang yang setia terhadap tugas yang di percayakan Allah kepada kita?Atau jangan-jangan kita termasuk orang yang gemar memboroskan waktu kita untuk hal-hal yang kurang berguna dan hanya bersifat kesenangan sesaat?

marilah berdoa:Puji dan syukur bagi-Mu, ya Allah, atas anugerah kehidupan dan kekuatan serta kebijaksanaan untuk memelihara anugerah indah ini. Jadikanlah hamba-Mu setia dan tekun dalam mengemban tugas yang mulia ini.Doa ini kami persembahkan Demi Yesus Kristus,Putera-Mu dan pengantara kami,yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam Roh Kudus,sepanjang segala masa.Amin

"Marilah pergi. Kita diutus."



"Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan hendak memuliakan nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.Besarlah TUHAN dan sangat terpuji, dan kebesaran-Nya tidak terduga.Angkatan demi angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu dan akan memberitakan keperkasaan-Mu.Semarak kemuliaan-Mu yang agung dan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib akan kunyanyikan.Kekuatan perbuatan-perbuatan-Mu yang dahsyat akan diumumkan mereka, dan kebesaran-Mu hendak kuceritakan.Peringatan kepada besarnya kebajikan-Mu akan dimasyhurkan mereka, dan tentang keadilan-Mu mereka akan bersorak-sorai."(Mzm 145:2-3,4-5,6-7)


sumber:ziarah batin 2010 dan Oase rohani


Sekaligus saya ingin mengajak anda untuk berdoa kesucian para imam dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

salam hangat,

A.M.Adi Normawan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar