Selasa, 24 Agustus 2010

Rabu, 25 Agustus 2010-"kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih" (Mat 23:27-32)

Rabu, 25 Agustus 2010
Pw St. Ludowikus; St. Yosef dr Calasanz;B. Maria dr Yesus Tersalib
Bacaan I : 2Tes 3:6-10.16-18
Mazmur : 128:1-2.4-5; R:1
Bacaan Injil : Mat 23:27-32




"kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih"
(Mat 23:27-32)


"Clakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran. Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu membangun makam nabi-nabi dan memperindah tugu orang-orang saleh dan berkata: Jika kami hidup di zaman nenek moyang kita, tentulah kami tidak ikut dengan mereka dalam pembunuhan nabi-nabi itu. Tetapi dengan demikian kamu bersaksi terhadap diri kamu sendiri, bahwa kamu adalah keturunan pembunuh nabi-nabi itu. Jadi, penuhilah juga takaran nenek moyangmu!"
(Mat 23:27-32)

Saudara-saudari terkasih dalam Nama Tuhan Yesus Kristus,

Sangat cantik dan memang benar-benar terlihat sexy...Wiuucch...luar biasa!Semua laki-laki akan mengatakan hal yang sama bila melihatnya.

Komentar ini muncul saat melihat perempuan cantik di dalam becak.Ketika becak itu berhenti,perempuan cantik itu turun daru becak dengan gaya yang sangat gemulai.Sambil menyerahkan ongkos becak dia berkata,"Terima kasih,ya Bang!" Sontak rasa kagum itu berubah menjadi kaget.Mengapa?Ternyata suaranya tidak se-sexy penampilannya,suaranya sangat berat,khas suara laki-laki.Jadi..?

Lepas dari kejadian itu,ternyata dalam hidup kita pun sama seperti itu.Kita sering kali menghias diri supaya terlihat menarik dan mempesona setiap orang,tetapi hati dan pribadi kita tidak pernah di hias dengan hal-hal yang positif.Akibatnya, tingkah laku kita bukan lagi di dasarkan oleh kebaikan dan kebenaran,tetapi oleh kemunafikan yang justru akan semakin menjauhkan diri dari Allah.

Saudara-saudari terkasih,

Di hadapan orang banyak, para ahli Taurat dan orang-orang Farisi berpura-pura menunjukkan bahwa mereka menghargai dan menjunjung tinggi para nabi yang dibunuh oleh nenek moyang mereka dengan "membangun makam nabi-nabi dan memperindah tugu orang-orang saleh." Dengan lantang mereka mengatakan bahwa mereka tentu tidak mengambil bagian dalam membunuh para nabi seandainya mereka hidup di zaman nenek moyang mereka.

Yesus mengetahui persis isi hati orang-orang Farisi dan para ahli Taurat. Justru merekalah yang mengantar Yesus ke Sanhedrin dan akhirnya menyalibkan Yesus. Justru merekalah yang pertama-tama melemparkan batu ke para nabi seandainya mereka hidup di zaman nenek moyang mereka. Mereka bagaikan kuburan yang bagian luarnya putih berkilau, tetapi bagian dalamnya sungguh busuk. Yesus mencap mereka sebagai keturunan para pembunuh. Yang membuat mereka sama dengan nenek moyang mereka adalah kedegilan hati mereka.

Terkadang kita mengelabui mata sesama kita dengan kesalehan kita, dengan amal bakti kita. Namun, siapakah yang mengetahui isi hati kita? Kita boleh saja mengelabui mata sesama kita atau bahkan malah diri kita sendiri, tetapi kita sama sekali tidak bisa mengelabui mata Allah karena Dia menilik semua hati dan mengerti semua maksud.


Apakah selama ini kita termasuk orang yang senang melakukan kemunafikan hanya untuk mendapatkan pengakuan kesalehan dari orang sekitar kita?

marilah berdoa:Tuhan, janganlah biarkan aku hidup dalam kedegilan hati dan kemunafikan aksi. Selidikilah aku dan ampunilah aku berkat kasih setia dan kerahiman-Mu.Doa ini kami persembahkan Demi Yesus Kristus,Putera-Mu dan pengantara kami,yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam Roh Kudus,sepanjang segala masa.Amin

"Marilah pergi. Kita diutus."

"Nyanyian ziarah. Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN.Kiranya TUHAN memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu"(Mzm 128:1-2,4-5)


sumber:ziarah batin 2010 dan Oase rohani

Sekaligus saya ingin mengajak anda untuk berdoa kesucian para imam dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/
/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

salam hangat,

A.M.Adi Normawan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar