Kamis, 21 Oktober 2010

Jumat, 22 Oktober 2010-kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini(Luk 12:54-59)

Jumat, 22 Oktober 2010
Sta. Salome; St. Nunila dan Alodia St. Filipos, St. Hermes dan St. Severus
Bacaan I: Ef 4:1-6
Mazmur : 24:1-2.3-4ab.5-6; R:6
Bacaan Injil : Luk 12:54-59


"kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini"
(Luk 12:54-59)

"Yesus berkata pula kepada orang banyak: ”Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi. Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi. Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini? Dan mengapakah engkau juga tidak memutus­kan sendiri apa yang benar? Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.”(Luk 12:54-59)
Saudara-saudari yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus,

Di suatu paroki ada seorang bapak yang senang sekali mengkritik oranglain.Suatu hari,paroki itu kedatangan pastur pembantu dari Jawa Tengah.Ketika sedang melakukan kotbah,dalam hati sang bapak langsung mengkritik:"haduhh,ini pastur kotbahnya bikin ngantuk.Sudah suaranya tidak jelas,matanya sayu,sudah gitu apa yang di omongkan ngalor-ngidul"

Entah suatu kebetulan atau bukan,bapak yang hobi mengkritik ini kedapatan untuk memberikan kata sambutan ketika akan di adakan peresmian perluasan gereja.Kebetulan pastur yang biasa di kritiknya juga hadir.Baru beberapa patah kata yang sang bapak ucapkan,keringat dingin mengucur deras dari dahinya.Ternyata bapak ini demam panggung.Semua hapalan pidatonya hilang begitu saja.

Sang bapak menjadi bahan tertawaan orang banyak.Namun beruntung Pastur yang biasa di kritiknya menyelamatkan dirinya dengan menggantikan dia dalam memberikan kata sambutan.

Saudara-saudari terkasih,

Yesus berkata kepada orang banyak: ”Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: ’Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi.’” Manusia memang cukup pandai untuk mengamati banyak hal dan menarik kesimpulan. Sayangnya, tidak semua orang mampu menjadi pemain aktif, apalagi melakukan perubahan. Banyak orang pandai memberi komentar tentang sepak bola, tetapi tidak bisa menjadi pemain sepak bola yang unggul. Banyak orang berkomentar terhadap politik, namun tidak sanggup berjuang di dunia politik untuk kesejahteraan masyarakat. Banyak pemimpin dikritik, namun sulit mencari mereka yang sanggup menjadi pemimpin bermutu. Bahkan, dalam soal kehidupan iman dan agama, ada lebih banyak komentar dan kritik. Lebih mudah berkomentar dan mengkritik ”sesuatu” yang dikerjakan orang lain daripada melakukannya ”sendiri”.

Apakah mungkin kita lebih banyak berbuat daripada berkomentar? Sebaiknya kita memikirkan apa yang bisa kita berikan daripada sibuk mengkritik orang lain? Lebih indah kalau kita berjuang untuk melakukan perubahan dengan dimulai dari mengubah diri sendiri daripada menuntut orang lain berubah.

marilah berdoa:Ya Tuhan, ajarilah aku untuk berbuat sesuatu demi sesama. Jangan sampai aku hanya pandai mengamati dan memberi komentar.Doa ini kami persembahkan Demi Yesus Kristus,Putera-Mu dan pengantara kami,yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam Roh Kudus,sepanjang segala masa.Amin


"Marilah pergi. Kita diutus."

"Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?""Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.Dialah yang akan menerima berkat dari TUHAN dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia.Itulah angkatan orang-orang yang menanyakan Dia, yang mencari wajah-Mu, ya Allah Yakub."(Mzm 24:3-6)

sumber:ziarah batin 2010 dan Oase rohani


Sekaligus saya ingin mengajak anda untuk berdoa kesucian para imam dengan klik link berikut:http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=133850396634690

salam hangat,

A.M.Adi Normawan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar