Senin, 01 November 2010

Selasa, 02 November 2010(Peringatan Arwah Semua Orang Beriman-ZIARAH BATIN)-Mrk 15:33-39; 16:1-6

Selasa, 02 November 2010
Peringatan Arwah Semua Orang Beriman
Bacaan I: Yes 25:6a.7-9
Mazmur : 63:2.3-4.5-6.8-9; R:2b
Bacaan II : Rm 8:31b-35.37-39
Bacaan Injil : Mrk 15:33-39; 16:1-6



"Pada jam dua belas, kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sam­pai jam tiga. Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eloi, Eloi, lama sabakhtani?”, yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: “Lihat, Ia memanggil Elia.” Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: “Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia.” Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya. Ketika itu tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah. Waktu kepala pasukan yang berdiri berhadapan dengan Dia melihat mati-Nya demikian, berkatalah ia: “Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!”Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus. Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur. Mereka berkata seorang kepada yang lain: “Siapa yang akan meng­gulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?” Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling. Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Mereka pun sangat terkejut, tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.”(Mrk 15:33-39; 16:1-6)

Saudara-saudari yang terkasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus,

Hari ini kita diajak oleh Gereja untuk memperingati arwah semua orang beriman. Melalui peringatan ini, kita diajak untuk mendoakan mereka yang telah meninggal. Dengan doa, kita mau memohon kepada Allah yang penuh belas kasih untuk melimpahkan karunia kasih-Nya kepada mereka yang kita doakan agar diperkenankan memasuki Kerajaan Kasih-Nya. Doa merupakan bentuk kasih kita kepada mereka yang kita doakan. Kita mengingat mereka karena kita memiliki hubungan kasih. Allah pasti mendengarkan doa-doa kita.

Di samping itu, kita juga diajak untuk merenungkan kembali tujuan hidup kita. Injil hari ini mengingatkan kita bahwa kita semua akan mengalami kematian. Kematian bukanlah akhir, namun awal hidup baru. Yesus yang wafat disalib, bangkit!
Kita percaya kepada Yesus. Kita yang telah mengalami kematian juga akan mengalami ke­bangkitan. Pertanyaannya adalah apakah hidup kita memang sudah sesuai dengan iman kita akan Yesus yang bangkit? Kita mengikuti Yesus, itu berarti kita mau menyelaraskan hidup kita dengan hidup Yesus. Kesesuaian hidup kita dengan ajaran dan kehendak Yesus menjadi jalan bagi kita untuk ikut mengalami kebangkitan Yesus.

marilah berdoa:Ya Yesus, Engkau telah mengalami kegelapan makam. Tolonglah diriku dan orang-orang yang telah meninggal agar beroleh kebangkitan yang Engkau janjikan. Amin.

sumber:Ziarah Batin 2010 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar