Jumat, 10 Juni 2011

Sabtu, 11 Juni 2011,Pekan Paskah VII (Ziarah Batin 2011)-Bacaan Injil : Mat. 10:7–13

Sabtu, 11 Juni 2011
Pekan Paskah VII Pw St. Barnabas, Rasul (M)
Bacaan I: Kis. 11:21b; 13:1–3
Mazmur : 98:2–3b,3c–4,5–6
Bacaan Injil : Mat. 10:7–13


Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.


Renungan

Kita sering mendengar berita tentang praktik pengobatan alternatif. Ada praktisi pengobatan alternatif yang mendapatkan ilmu pengobatannya dengan belajar, tetapi ada pula yang semata-mata karena menerima karunia dari Tuhan. Ada juga praktik pengobatan alternatif yang tidak sesuai dengan ajaran Gereja sehingga umat semestinya waspada dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak. Soal tarif pengobatan, ada yang terang-terangan pasang tarif—dari tarif menengah sampai tarif yang sangat tinggi. Namun, ada juga yang tidak pasang tarif, tetapi menerima semampu dan seikhlas pasien.

Yesus mengingatkan kita untuk memberikan bagi sesama dengan cuma-cuma alias gratis atas aneka karunia yang kita terima dari-Nya karena kita juga menerimanya dengan gratis. Ibarat air di dalam gelas—yang tidak ada saluran keluar—akan tumpah jika diisi terus dengan air; demikian juga dengan kita, karunia-karunia yang kita terima dari Tuhan harus kita alirkan kepada sesama supaya curahan yang selalu kita terima dari Tuhan tidak tumpah dengan sia-sia.

Santo Barnabas Rasul yang kita peringati hari ini telah menjadi saluran berkat bagi Paulus. Barnabaslah yang mengantarkan Paulus kepada para rasul untuk menceritakan peristiwa penampakan Tuhan dalam perjalanannya ke Damsyik. Dia pulalah yang meyakinkan para rasul tentang kehidupan baru Paulus setelah peristiwa penampakan itu. Maka, marilah kita juga menjadi saluran berkat Tuhan bagi sesama.


Doa: Ya Allah, terima kasih atas aneka karunia yang kuterima dari-Mu dengan cuma-cuma. Jadikanlah diriku saluran berkat bagi sesamaku. Amin.

sumber:Ziarah batin 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar