Rabu, 16 November 2011

Kamis. 17 November 2011 (ziarah batin 2011)

Kamis. 17 November 2011
Pekan Biasa XXXIII
Pw Sta. Elizabeth dr Hungaria, Prw (P); St. Dionisius Agung; St. Gregorius Thaumaturgos; St. Gregorius dr Tours
Bacaan I : 1Mak. 2:15–29
Mazmur : 50:1–2,5–6,14–15; R: 23b
Bacaan Injil : Luk. 19:41–44


Dan ketika Yesus telah dekat dan me­li­hat kota itu, Ia menangisinya, ka­ta-Nya: ”Wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang per­lu untuk damai sejahteramu! Tetapi seka­rang hal itu ter­sembunyi bagi matamu. Sebab akan datang harinya, bahwa musuhmu akan menge­lilingi engkau dengan kubu, lalu mengepung engkau dan menghimpit engkau dari segala ju­rusan, dan mereka akan membinasa­kan eng­kau beserta dengan pendudukmu dan pada tem­bokmu mereka tidak akan membiarkan satu batu pun tinggal terletak di atas batu yang lain, karena engkau tidak mengetahui saat, bilamana Allah melawat engkau.”


Renungan

Yesus menangisi Yerusalem karena orang-orang Yerusalem tidak peduli. Mereka tenang-tenang saja meski musuh sudah mengepung kota itu dan siap menghancurkannya. Yesus pun akan menangisi kita kalau kita tidak peduli dengan diri kita sendiri.

Sering kita menyerempet bahaya, senang membahayakan diri dengan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Misalnya, saat mengendarai kendaraan, kita ngebut. Atau, tahu bahwa sudah mempunyai suami/istri, tetapi masih mencoba-coba bermain api dengan laki-laki/perempuan lain. Semoga kita tidak menjadi orang yang menyebabkan Yesus menangis lagi.

Doa
Yesus yang baik, jagalah hati, pikiran, kata, dan tindakanku agar aku tidak membuat-Mu menangis lagi. Amin.

sumber : ziarah batin 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar