Selasa, 29 November 2011

Rabu, 30 November 2011~Pesta St. Andreas, Rasul (ziarah batin 2011)

Rabu, 30 November 2011
Pekan Adven I
Pesta St. Andreas, Rasul (M)
Bacaan I : Rm. 10:9–18
Mazmur : 19:2–3,4–5; R: 5a
Bacaan Injil : Mat. 4:18–22


Dan ketika Yesus sedang berjalan me­nyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada me­reka: ”Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.


Renungan

Ada dua bersaudara, yang kedua-keduanya menjadi imam. Kakaknya seorang imam tarekat dan adiknya seorang imam diosesan. Dalam sharing ketika misa perdana, sang adik menceritakan bagaimana ia menjadi imam karena ajakan kakaknya. Meski kemudian memilih jalur imamat yang berbeda dengan kakaknya, tetapi perjalanan awal panggilannya diakuinya sangat dipengaruhi oleh apa yang sudah dilakukan oleh kakaknya.

Dalam Injil hari ini kita pun melihat bagaimana dua bersaudara menjadi murid Yesus. Simon Petrus dan Andreas adalah kakak beradik. Demikian juga Yakobus dan Yohanes. Keputusan mereka menanggapi ajakan Yesus pastilah keputusan pribadi, tetapi tidak diragukan juga bahwa keputusan itu juga dipengaruhi oleh saudaranya. Lewat pengalaman ini, kita bisa yakin bahwa orang lain pun mempunyai peran dalam pertumbuhan iman kita. Maka, sudah sepantasnya kalau kita memberikan tempat bagi kehadiran orang lain yang mau membantu menumbuhkan iman kita.

Doa
Tuhan, semoga kehadiran orang lain aku syukuri sebagai berkat dari-Mu yang membantuku bertumbuh dalam iman. Amin.

sumber :ziarah batin 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar