Jumat, 25 November 2011

Sabtu, 26 November 2011 (ziarah batin 2011)

Sabtu, 26 November 2011
Pekan Biasa XXXIV (H)
St. Yohanes Berchmans; St. Silvester Gozzolini;
St. Leonardus a Porto Mauritio; St. Sarbel Maklouf

Bacaan I: Dan. 7:15–27
Mazmur : Dan. 3:82,83,84,85,86,87
Bacaan Injil : Luk. 21:34–36

”Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”


Renungan

Ada nasihat demikian dari orang-orang bijak, ”Berdoalah terus seolah-olah hidupmu tinggal satu hari, bekerja keraslah seolah-olah engkau akan hidup seribu tahun lagi.” Ora et labora, kata orang Latin. Berdoa dan bekerja adalah cara yang pantas dilakukan untuk menantikan kedatangan Tuhan, bukan dengan pesta pora dan melakukan hal-hal yang tidak berguna. Sebab, siapa yang tahu kapan akan mati?

Yesus mengajak kita, ”Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia”. Semoga ajakan Yesus hari ini semakin mendorong kita untuk rajin berdoa dan bekerja.

Doa: Tuhan, sadarkanlah aku agar aku tidak menyia-nyiakan hidup yang Engkau anugerahkan kepadaku dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna. Amin.

sumber :ziarah batin 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar